RI Serukan Perdamaian dan Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Ferrika Lukmana Sari
21 Januari 2024, 10:36
Palestina
Kementerian Luar Negeri
Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury, memimpin Delegasi RI pada Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non-Blok (GNB) Ke-19 yang berlangsung di Kampala, Uganda pada 19-20 Januari 2024.​
Button AI Summarize

Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury, memimpin Delegasi RI pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok (GNB) Ke-19 yang berlangsung di Kampala, Uganda pada 19-20 Januari 2024.​

Dalam konferensi yang digelar pada Sabtu (20/1), Pahala menggarisbawahi pentingnya semangat Konferensi Asia Afrika di Bandung akan pentingnya perjuangan bersama negara berkembang untuk mewujudkan kemerdekaan, keadilan, kesetaraan, dan pembangunan.

“Semangat inilah yang harus selalu jadi inspirasi GNB dalam menghadapi berbagai tantangan global, terutama dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Palestina dan menjaga kepentingan negara berkembang", kata Pahala dalam keterangan resmi, Sabtu (20/1).

Khusus terkait isu Palestina, Indonesia mendesak agar GNB bersatu, mendesak gencatan senjata di Gaza, serta mendorong proses perdamaian dan mengupayakan keanggotaan penuh Palestina di PBB.

Saat ini, terdapat lima anggota GNB yang menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB yang diharapkan dapat membantu menyuarakan posisi bersama GNB terkait Palestina.

Selain di KTT GNB, Pahala juga bertemu dengan Menlu Palestina dan Menlu Afrika Selatan membahas terkait isu Palestina. Dia menekankan, dukungan Indonesia atas perjuangan rakyat Palestina, untuk mencapai solusi jangka panjang dan kemerdekaan.

Halaman:
Reporter: Ferrika Lukmana Sari
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...