Khofifah Ajukan Cuti dari Gubernur Demi Tugas Jurkamnas TKN Prabowo

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Januari 2024, 05:10
Khofifah
ANTARA/Sean Muhamad
Ketua Pengurus PBNU 2022 - 2027 Khofifah Indar Parawansa
Button AI Summarize

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku siap untuk mengikuti agenda Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Khofifah mengatakan dirinya akan menggunakan hak cuti untuk ikut dalam rangkaian kampanye pemenangan Prabowo-Gibran.

Khofifah berencana menggunakan hak cuti setiap akhir pekan untuk mengikuti kampanye jelang pemilihan presiden pada 14 Februari mendatang. Penggunaan hak cuti hanya berlangsung saat hari kampanye tertentu. 

"Untuk cuti mungkin saya ambil hari Jum'at, sabtu, minggu," kata Khofifah di di Jakarta Convention Center (JJC) pada Ahad (21/1).

Kendati demikian, Khofifah mengaku belum mendapatkan instruksi khusus dari TKN terkait pelibatan dirinya dalam rumusan strategi kampanye pemenangan Prabowo-Gibran. "Belum, ada penugasan secara khusus, belum," ujar Khofifah.

Khofifah tampil perdana ke publik sebagai Juru Kampanye (Jurkamnas) sekaligus Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran saat acara debat cawapres di JCC pada Ahad (21/1). Dia tiba di JCC sekitar pukul 18.05 WIB bersama rombongan TKN lainnya. 

Saat itu khofifah mengenakan kemeja lengan panjang biru muda serta dibalut dengan kerudung warna serupa. Khofifah mengatakan ini merupakan hari pertama dirinya menjadi bagian dari TKN Prabowo-Gibran. 

Khofifah mengatakan ia juga akan cuti sebagai Gubernur Jawa Timur dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU. "Ini hari pertama saya masuk di TKN, saya sudah menyampaikan surat kepada PBNU untuk non aktif di PP Muslimat," kata Khofifah.

Keikutsertaan Khofifah sebagai barisan pendukung Prabowo-Gibran tertulis dalam Surat Keputusan (SK) Nomor SKEP/769/TKN-PG/I/2024. Surat yang telah ditetapkan sejak 10 Januari lalu itu mulai berlaku sejak tanggal 21 Januari 2024.

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan Khofifah dinilai sebagai sosok potensial untuk meningkatkan perolehan suara Prabowo-Gibran di Jawa Timur. Selain itu, mantan Menteri Sosial tersebut bisa menggenjot suara di beberapa wilayah seperti Bali, Aceh, Sumatera Barat, dan Madura.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...