Deretan Survei Capres Terbaru Januari 2024, Elektabilitas Siapa Juara?

Ira Guslina Sufa
24 Januari 2024, 08:34
survei capres terbaru
Katadata/Lambok Hutabarat
Ilustrasi tiga pasangan capres peserta Pilpres 2024
Button AI Summarize

Elektabilitas tiga pasangan calon presiden dalam kurun kurang dari satu bulan menjelang pilpres masih dinamis. Pada Rabu, 14 Februari 2024 masyarakat Indonesia yang terdapat sebagai pemilih akan menentukan hak suara. 

Komisi Pemilihan Umum mencatat untuk pemilu 2024 sebanyak 204,8 penduduk yang masuk dalam daftar pemilih tetap atau DPT. Mereka tersebar di 38 provinsi dan 128 negara perwakilan juga luar negeri. 

Selain memilih wakil rakyat yang akan duduk di parlemen baik tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten dan kota pemilih juga akan menentukan siapa yang akan menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia hingga 2029 mendatang menggantikan Presiden Joko Widodo. Pemilihan dilaksanakan secara langsung dengan setiap orang memberikan satu suara. 

Dalam kurun waktu sekitar 20 hari menjelang pemilu dan pilpres, para calon presiden dan calon wakil presiden makin gencar melakukan kampanye. Mereka berkeliling ke berbagai daerah sesuai zona dan jadwal kampanye akbar yang telah disiapkan KPU. Masa kampanye akan berlangsung hingga 10 Februari 2024. 

Menjelang pilpres, elektabilitas tiga pasangan calon presiden masih mengalami pasang dan surut. Berdasarkan sejumlah lembaga survei pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka konsisten berada di urutan pertama. Meski begitu elektabilitas pasangan yang didukung Partai Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Indonesia dan Prima ini belum stabil menyentuh 50% sehingga berpotensi belum menang satu putaran. 

Dua pasangan lain yaitu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD masih rebutan posisi kedua. Dalam sejumlah survei Anies - Muhaimin cenderung lebih unggul dengan elektabilitas rerata 25%. Adapun Ganjar - Mahfud berada di urutan ketiga dengan rerata elektabilitas 23%. Meski begitu Ganjar - Mahfud juga beberapa menang dari Anies - Muhaimin seperti tercermin dari survei yang dirilis Charta Politika. 

Anies peluk Cak Imin
Anies peluk Cak Imin (Katadata/Hufaz Muhammad)

Menanggapi dinamika yang berkembang menjelang pilpres, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN), Budisatrio Djiwandono optimistis Prabowo - Gibran akan menang dalam satu kali putaran. Terlebih dengan adanya  dukungan terbuka dari sejumlah tokoh yang dinilai bisa mengerek dukungan tambahan seperti dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. 

Angan Prabowo - Gibran menang pilpres dalam satu putaran mendapat perlawanan dari kubu Anies - Muhaimin dan Ganjar - Mahfud. Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto berkeyakinan rakyat akan memilih Ganjar-Mahfud menang dan lolos putaran kedua. 

Timnas Anies - Muhaimin juga tak kalah optimistis. Captain tim pemenangan nasional atau Timnas AMIN Syaugi Alaydrus menyatakan dukungan yang terus mengalir untuk pasangan nomor urut 1 itu akan mengantar pada kemenangan. 

Adapun Anies berkeyakinan publik memiliki kemauan dan pandangan sendiri dalam memilih capres. Ia meminta pada petinggi partai politik untuk menjaga jalannya pemilu yang akan dilaksanakan pada Februari mendatang tanpa ada paksaan harus berlangsung satu putaran.   

“Partai pengusung harus ingat, ini adalah pemilihan milik rakyat. Biarkan rakyat yang berkuasa, bukan kita yang memiliki kuasa untuk menentukan,” ujar Anies dalam acara Desak Anies di Ambon, Senin (15/1) lalu. 

Lalu bagaimana peta persaingan tiga pasangan capres saat ini? Sejumlah lembaga survei telah merilis temuan atas preferensi pilihan politik masyarakat menjelang pilpres. Bagaimana hasil survei terbaru atas elektabilitas capres di pilpres 2024 selama Januari? 

Rangkuman hasil elektabilitas capres di pilpres 2024 yang digelar pada Januari

Perbandingan elektabilitas capres
Perbandingan elektabilitas capres (Katadata)

Rangkuman hasil survei capres Indonesia Survey Center 

Survei terbaru ISC diselenggarakan dalam rentang waktu 11—19 Januari 2024. Survei melibatkan 1.670 responden di 34 provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah random digit dialing dengan margin of error (MoE) 2,4 % dengan tingkat konfidensial 95 %. 

Dalam survei ini pasangan Prabowo - Gibran menempati urutan pertama dengan elektabilitas 52 %. Sementara itu, pasangan Anies - Muhaimin ada di urutan kedua dengan elektabilitas 21,7 %. 

Di urutan ketiga ada duet Ganjar - Mahfud dengan elektabilitas 18,1 %. Adapun sisanya terdiri atas undecided voters sebanyak 8,2 %.

Peneliti Senior ISC Chairul Pane mengatakan elektabilitas pasangan calon pascadebat ketiga, Prabowo-Gibran justru trennya meningkat. Sedangkan pasangan Anies - Muhaimin dan Ganjar - Mahfud cenderung menurun dari periode survei November 2023. 

Survei ISC juga menemukan data bahwa 80 % responden sudah mantap akan memilih pasangan yang mereka sebutkan. Sementara itu, ada 15,7 % yang masih ragu-ragu atas pilihannya, dan 4,3 % yang memilih tidak menjawab.

Rangkuman survei capres terbaru Survei Economics & Political Insight (EPI) Center 

Survei EPI Center digelar pada 9 - 15 Januari 2024.  Survei melibatkan 1.200 responden mewakili 38 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan survei terbaru yang digelar pada  9 hingga 15 Januari 2024 elektabilitas Prabowo - Gibran mencapai 50,2 persen. Di urutan kedua elektabilitas Anies - Muhaimin sebesar 21,3 persen, terpaut tipis dari Ganjar - Mahfud dengan 20,1 persen. Sisanya sebanyak 8,5 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Peneliti EPI Center Mursalin mengatakan publik yang merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi cenderung mendukung Prabowo-Gibran. Sisanya diperebutkan oleh Ganjar-Mahfud. Sebaliknya, publik yang merasa tidak puas cenderung memilih Anies-Muhaimin yang menyuarakan jargon perubahan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...