Top News: Pemilik LVMH Orang Terkaya, 9 Negara Setop Bantu Palestina

Aryo Widhy Wicaksono
29 Januari 2024, 05:45
Peilik LVMH Bernard Arnault
Instagram @etnow
Pemilik LVMH Bernard Arnault
Button AI Summarize

Pemilik LVMH, Bernard Arnault, menjadi orang terkaya di dunia berdasarkan daftar miliarder real-time Forbes. Arnault menyalip posisi Elon Musk, setelah kekayaannya tumbuh US$23,6 miliar, menjadi US$207,8 miliar.

Sementara Musk yang menempati posisi kedua, memiliki kekayaan senilai $204,5 miliar.

LVMH merupakan perusahaan global pemasok barang mewah, yang memiliki lusinan merek dagang dari Louis Vuitton, Christian Dior, Bulgari hingga Sephora. Selain di bidang busana, perusahaan ini juga menjajakan anggur, parfum, kosmetik serta perhiasan.

Perubahan posisi orang terkaya di dunia menjadi salah satu artikel terpopuler, dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id.

Selain itu, ketahui juga bagaimana Rocky Gerung mengembuskan isu soal sosok pengganti Mahfud MD sebagai Menkopolhukam, serta sembilan negara yang mulai menghentikan bantuan untuk palestina.

Berikut Top News Katadata.co.id.

1. Bernard Arnault jadi Orang Terkaya Dunia Salip Elon Musk, Siapa Dia?

Pemilik LVMH, perusahaan global yang memiliki lusinan merek barang seperti Louis Vuitton dan Sephora, Bernard Arnault kini menjadi orang terkaya di dunia, menyalip posisi Elon Muk.

Kekayaan bersih Arnault dan keluarganya tumbuh menjadi US$207,8 miliar setelah naik US$23,6 miliar pada Jumat, melewati kekayaan Musk sebesar $204,5 miliar berdasrkan daftar miliarder real-time Forbes.

Kekayaan Arnault melesat setelah saham LVMH melonjak pada Jumat (26/1) 13% saat berita penjualan kuat. Di sisi lain, saha Tesla turun sebesar 13% yang menyebabkan Musk kehilangan kekayaan bersih lebih dari US$$18 miliar.

Kapitalisasi pasar LVMH mencapai $388,8 miliar pada hari Jumat, dibandingkan dengan kapitalisasi pasar Tesla sebesar $586,14 miliar.

Pada tahun 2021, LVMH mengakuisisi Tiffany & Co. senilai hampir US$16 miliar. Ini dianggap sebagai akuisisi merek mewah terbesar yang pernah ada. Perusahaan induk Arnault, Agache, mendukung perusahaan modal ventura bernama Aglaé Ventures, yang menurut laporan Forbes berinvestasi di bisnis seperti Netflix dan ByteDance, perusahaan induk TikTok.

2. Rocky Gerung Sebut Gibran Bakal Jadi MenkoPolhukam Jika Mahfud Mundur

Pengamat Politik Rocky Gerung turut berkomentar perihal isu Mahfud MD akan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam.

Menurutnya, Gibran Rakabuming Raka berpeluang menggantikan Mahfud. Menurut Rocky, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan segera menunjuk anaknya, yakni Gibran Rakabuming Raka yang akan menduduki kursi menkopolhukam. Hal itu karena ada masalah ketidakpastian politik yang kini tengah berlangsung.

“Saya mengucapkan itu dengan asumsi ada kekacauan institusi. Jadi, apa aja bisa terjadi,” kata Rocky Gerung kepada wartawan ketika ditemui di Menara Kuningan, Jakarta pada Sabtu, (27/1).

Dalam kanal YouTube-nya, Rocky Gerung mengeklaim bahwa pengunduran diri Mahfud MD akan diikuti oleh menteri-menteri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia bahkan membuat prediksi bahwa dalam dua hari ke depan, semua menteri dari PDIP akan mengundurkan diri dari kabinet Jokowi.

3. Sembilan Negara Setop Bantuan untuk Palestina

Sembilan negara memutuskan untuk menghentikan dana bantuan ke Palestina melalui Lembaga Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). Hal ini terjadi setelah adanya tuduhan bahwa staf UNRWA terkait dengan kelompok militan Palestina, Hamas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...