LSI: 66,5% Pemilih di Jabar 7 Terpengaruh Politik Uang, Prabowo Menang

Ira Guslina Sufa
30 Januari 2024, 06:21
Prabowo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz
Ketua TKD Jawa Barat Ridwan Kamil menyapa warga saat menaiki Sisingaan saat hadir pada acara Deklarasi dan Kampanye Akbar Pemenangan Prabowo-Gibran di Lapangan Rawalele, Subang, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).
Button AI Summarize

Hasil survei terbaru yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan politik uang cukup mempengaruhi pilihan pemilih pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Berdasarkan rilis terbaru LSI di daerah pemilihan Jawa Barat 7 yang meliputi Bekasi,Karawang dan Purwakarta. 

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah mengatakan sebanyak 40,8% masyarakat menjawab politik uang cukup berpengaruh dalam menentukan pilihan pada pemilu. Selanjutnya 25,7% menjawab itu sangat berpengaruh sehingga sebanyak 66,5% responden masuk dalam kategori yang menilai politik uang berpengaruh. 

Selanjutnya masyarakat yang menjawab politik uang kurang berpengaruh sebanyak 15,0% dan hanya 16,8% yang menjawab sama sekali tidak berpengaruh. Sementara sisanya 1,7%  tidak tahu atau tidak menjawab.

"Kaitan politik uang ini adalah hasil survei terbaru pada 12-22 Januari 2024," kata Toto seperti dikutip Selasa (30/1). 

Meski begitu, Toto mengatakan kalau praktik politik uang biasanya dilakukan pada pemilihan legislatif tingkat lokal, seperti tingkat kabupaten/kota dan Jawa Barat. Hal itu berkaitan dengan cakupan daerah pemilihan yang tidak terlalu luas, jika dibandingkan dengan daerah pemilihan untuk legislatif pusat. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...