10 Hasil Survei Capres Terbaru Jelang Debat, Begini Peta Elektabilitas

Ira Guslina Sufa
30 Januari 2024, 08:13
survei capres jelang debat
Katadata/Lambok Hutabarat
Ilustrasi tiga pasangan capres peserta Pilpres 2024
Button AI Summarize

Elektabilitas tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menjelang debat kelima pemilihan presiden 2024 masih dinamis. Berdasarkan survei terbaru yang dirilis sejumlah lembaga tren suara para capres belum ada yang menyentuh angka 50%.

Adapaun Komisi Pemilihan Umum kembali menggelar debat kelima putaran pemilihan presiden (pilpres) pada Minggu (4/2). Forum ini akan menjadi pertemuan terakhir pala calon presiden dalam debat yang digelar KPU menjelang pelaksanaan pilpres. 

Pada debat kelima tiga calon presiden yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan beradu gagasan. Adapun tema yang diangkat adalah persoalan kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, kesehatan, sumber daya manusia, teknologi informasi, dan inklusi.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyampaikan aturan teknis dan format debat kelima Pilpres 2024 masih sama seperti debat-debat sebelumnya. Hasyim menjelaskan bahwa KPU telah mengevaluasi penyelenggaraan debat keempat antara tiga calon wakil presiden yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD yang berlangsung pada tanggal 21 Januari 2024. 

Menjelang pelaksanaan debat kelima, tiga pasangan capres dan cawapres pun telah menjalankan sejumlah kampanye akbar. Hal itu membuat dinamika dukungan dari publik terus mengalami perubahan. 

KPU mencatat untuk pemilu 2024 sebanyak 204,8 penduduk yang masuk dalam daftar pemilih tetap atau DPT dan akan memberikan hak suara pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang. Pemilih akan menentukan pilihan capres - cawapres dan caleg yang akan duduk di legislatif.

Lalu bagaimana peta persaingan elektabilitas tiga pasangan capres terutama menjelang debat kelima? Bagaimana hasil survei terbaru atas elektabilitas capres di pilpres 2024 selama Januari? Bagaimana elektabilitas Anies - Muhaimin, Prabowo - Gibran dan Ganjar - Mahfud menjelang debat? Berikut rangkumannya.  

Debat ketiga Pilpres 2024
Debat ketiga Pilpres 2024 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.)

Deretan Hasil Survei Capres Jelang Debat, Elektabilitas Siapa Unggul? 

Hasil survei capres terbaru dari Indonesia Survey Center 

Survei terbaru Indonesia Survey Center (ISC) dilaksanakan pada 11 hingga 19 Januari 2024. Survei ini melibatkan 1.670 responden dari 34 provinsi di Indonesia dengan menggunakan metode random digit dialing dan memiliki margin of error sebesar 2,4% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei ini, pasangan Prabowo - Gibran menduduki posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 52%. Sementara itu, pasangan Anies - Muhaimin berada di urutan kedua dengan elektabilitas sebesar 21,7%. Di urutan ketiga, terdapat pasangan Ganjar - Mahfud dengan elektabilitas sebesar 18,1%. Sedangkan 8,2% sisanya adalah pemilih yang belum memutuskan pilihan.

Menurut Peneliti Senior ISC, Chairul Pane, elektabilitas pasangan calon Prabowo-Gibran mengalami peningkatan. Sementara elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud cenderung menurun dibandingkan dengan periode survei pada November 2023.

Survei ISC juga mencatat bahwa 80% responden telah mantap memilih pasangan yang mereka sebutkan. Sementara 15,7% masih merasa ragu-ragu dan 4,3% memilih untuk tidak menjawab.

Hasil survei capres terbaru dari LSI

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menggelar survei terbaru pada 10 hingga 11 Januari 2024. Survei ini melibatkan 1.206 responden yang dipilih secara acak melalui metode double sampling. Dengan metode tersebut, margin of error survei diperkirakan sekitar +-2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei LSI menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka mencapai 47% pada bulan Januari. Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, menempati urutan kedua dengan elektabilitas 23,2%. 

Sementara itu, pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo - Mahfud MD, mencapai 21,7%. Elektabilitas Prabowo - Gibran naik 1,6% dibandingkan dengan Desember, Anies - Muhaimin naik 1%, sementara Ganjar - Mahfud MD mengalami penurunan sebesar 2%.

Paku Integritas pemberantasan korupsi capres-cawapres
Paku Integritas pemberantasan korupsi capres-cawapres (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.)

 

Hasil survei capres terbaru dari Charta Politika

Charta Politika menggelar survei capres terbaru pada 4 hingga 11 Januari 2024. Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka langsung dengan melibatkan 1.220 responden yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat atau multistage random sampling, dengan margin of error sekitar ±2,82%.

Hasil survei tersebut menunjukkan tingkat elektabilitas pasangan Prabowo - Gibran mencapai 42,2%. Pasangan Ganjar - Mahfud berada di urutan kedua dengan elektabilitas sebesar 28%. Sementara itu, capres - cawapres nomor urut 01 Anies - Muhaimin mencapai 26,7%. Selanjutnya sebanyak 3,1% responden memilih untuk tidak menjawab.

Hasil survei capres terbaru dari Indikator Politik Indonesia

Survei terbaru Indikator Politik Indonesia dilaksanakan pada 30 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024, dengan sampel basis 1.200 orang menggunakan metode stratified random sampling. Ukuran basis sampel 4.560 responden memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sebesar 5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...