Jadwal Kampanye Akbar: Anies Sisir Jawa Timur, Ganjar-Mahfud Berpencar

Amelia Yesidora
31 Januari 2024, 12:33
Kampanye
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww.
Maskot Pemilu Sura dan Sulu mengikuti Serah Terima Kirab Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal ke KPU Kabupaten Pekalongan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (19/10/2023).
Button AI Summarize

Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkontestasi di pemilihan presiden 2024 melanjutkan kampanye akbar. Di 10 hari terakhir menjelang pencoblosan, tiga pasangan capres dan cawapres terus turun ke sejumlah daerah. 

Saat ini Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan tiga pasangan capres cawapres bertarung di pilpres. Mereka adalah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Kampanye akbar akan digelar hingga 4 hari menjelang pencoblosan yaitu, 10 Februari. 

Dalam hari ke-65 kampanye yang jatuh pada hari ini (31/1), paslon nomor urut satu dan tiga berpencar mencari suara di tiga pulau berbeda. Paslon nomor urut satu, Anies-Muhaimin, kompak bertolak ke Madura, Jawa Timur sementara paslon nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud, ke Sumatera dan Kalimantan.

Jadwal Kampanye Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar 

Kampanye akbar Anies dan Muhaimin di Tegal
Kampanye akbar Anies dan Muhaimin di Tegal (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/tom.)

Paslon nomor urut satu berkampanye bersama hari ini di daerah yang sama, yakni di Madura, Jawa Timur. Agenda pertama dimulai dari Sumenep, mereka dijadwalkan hadir dalam acara Istighosah dan deklarasi ulama Madura di Gedung Adi Poday, Sumenep, pada 09.00 WIB.

Mereka cuma menghadiri satu agenda di Sumenep, karena harus bertolak ke Pamekasan. Di kota ini, mereka punya agenda terpisah. Muhaimin bakal bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Hamidy, Pamekasan dari 11.30–12.45 WIB.

Kemudian, ia menghadiri Majelis Sholawat Nariyah dan Deklarasi Ulama di Ponpes Gunung Sari, Pamekasan dari 13.30–14.30 WIB. Mereka baru bertemu lagi dalam Kampanye Akbar di Lapangan Garuda Desa Palengaan Laok, Pamekasan. Acara ini dijadwalkan berlangsung dari 15.00–16.30 WIB.

Usai berkampanye akbar, Muhaimin bakal datang ke dua pondok pesantren di Bangkalan. Pertama, ke Pondok Pesantren Al-Aziziyah pada 17.45–19.00 WIB kemudian ke Pondok Pesantren Syaikhona Kholil pada 19.30–21.00 WIB. Di pondok pesantren kedua ini, Muhaimin bakal sowan dengan Masyayikh alias kyai yang dituakan. 

Anies sendiri bakal menghadiri satu agenda saja di Bangkalan. Pada 19.30 WIB, ia bakal berada di melakukan munadharah sareng AMIN di Pondok Pesantren Syaikhona Kholil Bangkalan.

Kampanye Ganjar ke Kalimantan Barat, Mahfud Menyisir Sumatera

Kampanye Ganjar Pranowo di Malang
Kampanye Ganjar Pranowo di Malang (ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/tom.)

Paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo - Mahfud MD berkampanye di tiga kota berbeda hari ini. Calon presiden Ganjar Pranowo bertolak ke Pontianak dan Kubu Raya, Kalimantan Barat, sementara Mahfud akan ke Lampung dan Aceh. 

Tim Media TPN Ganjar-Mahfud menyebut Ganjar memulai kampanye dengan dialog politik. Agenda pertama adalah berdialog dengan mahasiswa dan orang muda di Pontianak Convention Center pada 09.30 WIB. Kemudian pada 10.20 WIB ia berdialog dengan masyarakat lintas etnis di Hotel Golden Tulip, Pontianak. 

Siangnya, pada 13.25 WIB, politisi PDIP ini bakal berorasi politik di acara Pesta Rakyat bersama Masyarakat Dayak Kalimantan Barat. Acara ini berlangsung di Rumah Adat Lingga Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. 

Beriringan dengan agenda kampanye Ganjar, cawapres Mahfud MD juga memulai kampanye pada 09.30 WIB di Lampung. Bersama dengan Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud Yenny Wahid, Mahfud bakal berorasi politik pada Kampanye Terbuka di Lapangan Merdeka, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Usai mengikuti kampanye terbuka di Lapangan Merdeka, pada pukul 11.00 WIB, Mahfud akan berziarah ke Makam KH Ahmad Shodiq, yang berlokasi di Jalan Pondok Pesantren Braja Dewa, Kabupaten Lampung Timur, Lampung

Putri Gus Dur masih bersama dengan Mahfud untuk orasi politik kedua pada 13.20 WIB. Orasi kedua ini dilaksanakan pada Kampanye Terbuka di Taman Marhaen, Kabupaten Lampung Tengah.

Dari Taman Marhaen, Mahfud didampingi Yenny Wahid dan rombongan akan menghadiri gelaran Istighosah dan Sholawat  Negeri Munajat Kemenangan Ganjar-Mahfud di Stadion Sukung Kelapa Tujuh, Kabupaten Lampung Utara, pada pukul 14.55 WIB.

Setelah itu, barulah rombongan Mahfud bertolak ke Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung untuk melanjutkan perjalanan menuju Kota Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Rencananya, di Kota Banda Aceh, Mahfud akan hadir dalam acara "Tabrak Prof," yang melibatkan orang muda dan masyarakat di Pendopo MZ Coffee, Kota Banda Aceh.

Kampanye Prabowo - Gibran

Adapun pasangan nomor urut 2 Prabowo - Gibran tidak diketahui melakukan kampanye akbar hari ini. Keduanya dijadwalkan melakukan tugas sehari-hari. Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dan Gibran sebagai Wali Kota Surakarta.  

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...