Pendukung Ramaikan Debat Terakhir, Polisi Larang Masuk ke Lobi

Amelia Yesidora
4 Februari 2024, 16:59
Para pendukung capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD, Minggu (4/2)
Katadata / amelia yesidora
Para pendukung capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD, Minggu (4/2)
Button AI Summarize

Debat calon presiden terakhir masih akan berlangsung tiga jam lagi, namun lokasi acara sudah padat oleh pendukung. Dalam pantauan Katadata, pendukung paslon nomor urut dua dan tiga sudah hadir di Jakarta Convention Center atau JCC sejak 15.30 WIB. 

Pihak kepolisian sendiri sudah menyiapkan pola pengamanan baru, berkaca dari pengalaman debat sebelumnya. Salah satunya massa nonundangan alias pendukung paslon tidak boleh mendekat ke lobi JCC. 

“Khususnya pada debat keempat kemarin. Massa yang nonundangan datang cukup banyak dengan membawa bunyi-bunyian,” kata Susatyo, di Jakarta Convention Center, Minggu (4/2), saat ditanya alasan pola pengamanan terbaru ini. 

Hingga sekitar 16.30 WIB, Polisi belum menetapkan rekayasa lalu lintas. Kendati demikian, ada kemungkinan rekayasa sekitar pukul 19.00 WIB, saat paslon mendekati lokasi acara, agar bisa sampai tepat waktu. 

“Ini termasuk juga untuk undangan VIP dan ketua partai,” ujarnya. 

Adapun hari ini Kepolisian mengerahkan lebih banyak personel. Susatyo merinci jumlah tim pengamanan hari ini sekira 2.992 personel. Jumlah ini ditambah lagi dengan 200 orang Pengamanan Dalam untuk mengatur Ring 1 dan Ring 2.  Khusus rombongan yang datang bersama paslon akan dikawal oleh Mabes Polri.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...