Lama Menghilang, Eks Menkes Terawan Hadir di Barisan Prabowo - Gibran

Desy Setyowati
4 Februari 2024, 19:42
TERAWAN, PRABOWO, DEBAT CAPRES,
YouTube KPU
Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengikuti debat kelima di JCC Senayan, Jakarta Pusat
Button AI Summarize

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengikuti debat kelima di JCC Senayan, Jakarta Pusat. Terawan berada di barisan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Terawan hadir bersama deretaN ketua umum partai politik. Mereka di antaranya Ketua Umum PAN sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Golkar sekaligus Airlangga Hartarto.

Terawan masih bertugas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Dia dikenal memiliki terapi cuci otak Digital Substraction Angiography (DSA). Metode yang diklaim efektif menyembuhkan banyak penyakit yang menjadi pilihan sejumlah pejabat di Tanah Air.

Terawan mulai memperkenalkan terapinya sejak 2004. Namun Ikatan Dokter Indonesia alias IDI memberikan sanksi kepada Terawan pada 2018, karena dianggap melanggar kode etik yakni tidak boleh mengiklankan atau memuji diri sendiri.

Saat Terawan mendapatkan sanksi, Prabowo mengatakan pernah mendapat bantuan Terawan.

"Saya Prabowo Subianto pernah dibantu oleh dokter Terawan dan timnya, sehingga saya sekarang sehat dan bisa lima jam berpidato," kata Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Sejumlah media melaporkan, Prabowo menyatakan pada 2018 bahwa dirinya pernah mendapatkan tiga kali terapi dari Terawan untuk menyembuhkan penyakit vertigo yang diderita.

Saat itu, Prabowo menyampaikan tidak ingin ikut campur dalam kebijakan IDI. Namun ia menyatakan bahwa Terawan merupakan putra Bangsa yang sudah menyembuhkan banyak tentara.

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...