Momen Prabowo Singgung Soal Dokter Spesialis Stroke di Debat Capres

Ira Guslina Sufa
4 Februari 2024, 20:20
Prabowo soal Debat
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto menyampaikan pendapat saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyinggung pentingnya keberadaan spesialis penyakit jantung dan stroke di Indonesia. Hal itu disampaikan Prabowo saat menanggapi penjelasan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam sesi kedua debat capres. 

Menurut Prabowo persoalan stroke dan jantung harus menjadi perhatian lantaran menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian cukup besar di Indonesia. Menurut Prabowo saat ini Indonesia secara keseluruhan masih kekurangan 140 ribu dokter. 

“Bayangkan kalau ada yang kena stroke dan serangan jantung, dua sebab yang menyebabkan kematian di beberapa kabupaten tidak ada spesialis jantung atau stroke, tidak ada perlengkapan yang memadai,” ujar Prabowo dalam debat sesi kedua, Minggu (4/2) 

Atas alasan itu Prabowo menyebut pemerintah perlu memastikan ketersediaan dokter dan juga fasilitas kesehatan. Hal itu menurut dia menjadi solusi paling kongkrit mengatasi persoalan kesehatan saat ini. 

Sebelumnya Ganjar mengatakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan sektor kesehatan adalah meningkatkan pengetahuan pentingnya kesehatan. Masyarakat juga harus dibiasakan untuk olahraga dan menerapkan pola hidup sehat. 

Selain itu Ganjar memastikan bahwa program 1 desa 1 tenaga kesehatan dan 1 desa 1 fasilitas kesehatan merupakan keharusan. Ia mengatakan bahwa anggaran kesehatan harus kembali didukung untuk meningkatkan kualitas kesehatan. 

Dalam sesi kedua tersebut, Ganjar mendapat kesempatan menjawab pertanyaan dari panelis mengenai program di bidang kesehatan. Menurut Ganjar perlu ada program yang bersifat jangka panjang. 

Di sisi lain, calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan setuju bahwa fasilitas kesehatan di setiap daerah harus menjadi perhatian utama pemerintahan mendatang. Ia menyebut persoalan kesehatan tidak hanya merupakan persoalan sektor tertentu tetapi menjadi kebijakan umum pemerintah.

Reporter: Lenny Septiani, Muhamad Fajar Riyandanu, Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...