Prabowo dan Ganjar Setuju dengan Anies soal Masalah Pekerja Migran

Desy Setyowati
4 Februari 2024, 20:51
prabowo , anies, ganjar, debat capres,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (kanan), capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (kiri), dan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo sependapat dengan Anies Baswedan soal cara mengatasi permasalahan pekerja migran Indonesia di negara lain, yakni melibatkan aktivis.

Anies menyampaikan, dirinya mengetahui permasalahan pekerja migran dari para aktivis. “Memiliki kewenangan di pemerintahan belum tentu punya pengetahuan. Yang tahu justru aktivis pekerja migran,” kata dia saat debat capres, Minggu (4/2).

“Oleh karena itu, mereka harus dilibatkan. Mereka yang tahu ‘lubang’ permasalahan dalam melindungi pekerja migran sejak pra-keberangkatan sampai di negara tujuan,” Anies menambahkan.

Prabowo Subianto sepakat bahwa pemerintah perlu melibatkan aktivis pekerja migran dalam mengatasi permasalahan yang mereka hadapi. Ia bercerita, dirinya pernah bertemu dengan aktivis dan mendapatkan informasi tentang permasalahan pekerja migran.

“Tetapi ada beberapa duta besar di sejumlah negara yang kewalahan,” kata Prabowo.

Begitu juga dengan Ganjar yang setuju aktivis pekerja migran perlu dilibatkan. Namun pejabat di dalam negeri juga didorong untuk mempermudah pelaporan dan pengecekan, supaya persoalan mereka bisa segera diatasi.

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...