Prabowo Beri 10.000 Beasiswa Kedokteran ke Luar Negeri, Anies Setuju

Desy Setyowati
4 Februari 2024, 21:46
prabowo, anies, debat capres,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan pandangannya saat debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).
Button AI Summarize

Prabowo Subianto menyiapkan program beasiswa kedokteran ke luar negeri bagi 10.000 orang. Anies Baswedan setuju dengan program ini.

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan, Indonesia kekurangan 140 ribu dokter. Di Atambua, Nusa Tenggara Timur misalnya, bahkan hanya ditangani oleh satu dokter, dari seharusnya 16.

“Dia kewalahan harus melayani tiga kabupaten. Bagaimana pun pemerintah harus mengambil tindakan yang cukup darurat dan perlu langkah berani mengirim sebanyak mungkin (warga Indonesia ke luar negeri untuk belajar kedokteran),” kata Prabowo dalam debat capres, Minggu (4/2).

Anies setuju dengan program Prabowo memberikan beasiswa kedokteran ke luar negeri kepada 10.000 orang. “Untuk meningkatkan kompetensi, kami setuju,” ujar dia menjawab pertanyaan Prabowo.

“Tapi bila di balik, profesor dan institusi di sana dibawa ke sini juga tidak masalah. Dengan begitu proses belajar akan terjadi,” Anies menambahkan.

Namun ia menilai perlu ada data yang akurat terkait kebutuhan dokter di setiap daerah. Selain itu, tetap perlu dibangun infrastruktur kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas.

Reporter: Lenny Septiani, Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...