Momen Ganjar dan Anies Adu Gagasan Atasi UKT Mahal Mahasiswa

Ira Guslina Sufa
4 Februari 2024, 21:47
Debat
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) menyampaikan pandangannya disaksikan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat Debat Kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 2 Ganjar Pranowo beradu gagasan dengan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dalam menyikapi persoalan mahalnya Uang Kuliah Tunggal yang dikeluhkan banyak mahasiswa saat ini. Perdebatan itu muncul setelah Anies bertanya kepada Ganjar dalam sesi tanya jawab di debat kelima pemilihan presiden 2024. 

Mulanya Anies memberikan pertanyaan kepada Ganjar bagaimana mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyikapi persoalan UKT. Ia menyebut privatisasi pendidikan membuat munculnya celah komersialisasi yang bisa memberatkan mahasiswa. 

“Belakangan kita mendengar fenomena ini bahkan ada yang kesulitan membayar UKT sampai harus dianjurkan untuk menyelesaikan lewat pinjaman online. Bagaimana pendapat dan pandangan Pak Ganjar melihat problem pendidikan tinggi di Indonesia,” ujar Anies. 

Menanggapi pertanyaan itu Ganjar menyebut persoalan penting adalah perlunya menghentikan liberalisasi pendidikan. Ia berharap agar mahasiswa diberi proporsi yang sesuai dalam hal pembiayaan sekolah. 

Salah satu cara yang menurut Ganjar bisa mengatasi persoalan mahalnya biaya pendidikan adalah dengan mengadakan program satu rumah tangga miskin satu sarjana. Program ini menurut dia akan memberi peluang kepada keluarga miskin untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi hingga sarjana. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora, Lenny Septiani, Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...