Isi Pidato Lengkap Prabowo di Penutupan Debat Capres: Puji 7 Presiden

Ira Guslina Sufa
4 Februari 2024, 22:12
Debat
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto memberi salam sebelum menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengungkap sejumlah isu yang menjadi perhatian mereka bila terpilih menjadi presiden menggantikan Joko Widodo. Hal itu disampaikan Prabowo dalam orasi dalam penutup debat capres kelima yang digelar Minggu (4/2). 

Dalam orasinya di sesi terakhir debat capres, Prabowo menyampaikan bila dirinya terpilih menjadi presiden akan menjadi pemimpin untuk semua golongan. Ia menyebut akan merangkul semua kelompok untuk membangun Indonesia Maju. 

“Saya akan jadi presiden untuk seluruh rakyat Indonesia termasuk yang tidak memilih saya dan termasuk yang tidak percaya sama saya. Saya akan berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia,”  ujar Prabowo dalam orasinya. 

Selain itu Prabowo mengucapkan terima kasih kepada semua presiden sejak dari Soekarno hingga Jokowi. Ia menyebut para presiden terdahulu telah meletakkan dasar yang baik dalam pembangunan Indonesia. 

“Mereka adalah putra-putri terbaik bangsa Indonesia kami terima kasih kepada mereka telah menjaga Republik Kita sekarang kita menikmati tidak terlibat dalam pertikaian dengan bangsa-bangsa lain. Sekarang fokus musuh kita adalah kemiskinan. Musuh kita adalah kelaparan musuh kita adalah kesulitan rakyat,” ujar Prabowo. 

Bagaimana isi pidato lengkap Prabowo di sesi terakhir rangkaian debat capres? 

Saudara-saudara sebangsa dan se - Tanah Air. 

Kita baru saja beberapa bulan ini melaksanakan kampanye yang penuh dengan semangat,  penuh dengan kontestasi. Kadang-kadang penuh dengan kata-kata yang keras. Tetapi, iktikad kita baik. 

Saya kira 3 paslon semuanya ingin yang terbaik untuk rakyat Indonesia. Karena itu saya atas nama Prabowo - Gibran dan atas nama Koalisi Indonesia Maju minta maaf kepada paslon satu Pak Anis - Pak mukmin dan paslon 3 Pak Ganjar dan Pak Mahfud. 

Seandainya dalam kampanye ini ada kata-kata kami atau perbuatan kami yang kurang berkenan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami juga mohon maaf kepada KPU seandainya kami juga bertindak yang kurang pas. 

Jadi nanti kita adalah untuk berbuat yang terbaik. Dan kami selalu berjuang untuk yang terbaik saudara-saudara sekalian. Yang penting kita harus membangun dan menegakkan kerukunan persatuan kekeluargaan di antara semua unsur dan semua kalangan bangsa Indonesia. Terutama adalah kerukunan di antara pemimpin-pemimpin Indonesia saya tetap menganggap Mas Anis, Mas Muhaimin, Pak Ganjar, Prof Mahfud adalah saudara-saudara saya sendiri. 

Kita berjuang untuk bangsa Indonesia. Kita berjuang karena cinta kita kepada rakyat Indonesia saudara-saudara sekalian. Manakala Prabowo Gibran dan koalisi Indonesia Maju atas izin Tuhan Yang Maha Besar, Tuhan Yang Maha Esa menerima mandat dari rakyat, kita akan menjadi pemimpin nasional untuk seluruh rakyat Indonesia. 

Saya akan jadi presiden untuk seluruh rakyat Indonesia termasuk yang tidak memilih saya dan termasuk yang tidak percaya sama saya. Saya akan berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia. Kami berjuang bertekad menghilangkan kemiskinan dari Indonesia. Kami bertekad menghilangkan kelaparan dan kurang gizi bagi rakyat Indonesia. Kami bertekad mengurangi angka kematian ibu-ibu yang sedang melahirkan. 

Kami berjuang untuk menghilangkan korupsi dari bumi Indonesia. Kami berjuang untuk perdamaian bagi rakyat Indonesia dan bagi bangsa Indonesia. Kami berterima kasih kepada semua pemimpin-pemimpin Indonesia. Semua presiden Indonesia. 

Bung Karno (Soekarno), Pak Harto (Soeharto),  Pak Habibie (BJ Habibie), Gus Dur (Abdurrahman Wahid), Ibu Megawati (Megawati Soekarnoputri), SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), dan Pak Joko Widodo. Mereka adalah putra - putri terbaik bangsa Indonesia. 

Kami terima kasih kepada mereka telah menjaga Republik kita. Sekarang kita menikmati tidak terlibat dalam pertikaian dengan bangsa-bangsa lain. Kita sekarang fokus. Musuh kita adalah kemiskinan musuh kita, adalah kelaparan musuh kita, adalah kesulitan rakyat harus kita atasi. 

Kita membangun Indonesia kuat adil makmur aman untuk semua. Adil untuk semua. Makmur untuk semua. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Reporter: Amelia Yesidora, Lenny Septiani, Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...