Deret Janji Prabowo, Ganjar dan Anies di Pidato Debat Capres Terakhir

Ira Guslina Sufa
4 Februari 2024, 20:01
Debat
YouTube KPU
Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengikuti debat kelima di JCC Senayan, Jakarta Pusat
Button AI Summarize

Debat calon presiden atau capres kembali digelar pada Minggu (4/2). Debat berlangsung di Jakarta Convention Center diikuti oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Pada kesempatan itu, Prabowo tampil pertama menyampaikan visi. Selanjutnya giliran Ganjar Pranowo yang menyampaikan gagasan dan diakhiri dengan Anies Baswedan. Dalam waktu singkat ketiganya memaparkan sejumlah program prioritas yang akan dijalankan bila mereka terpilih menjadi presiden menggantikan Joko Widodo. 

Dalam kesempatan pertama, Prabowo mengatakan bahwa pemerintahannya nanti bila terpilih akan fokus pada program besar bertajuk “Strategi Transformasi Bangsa.” Dalam visinya Prabowo mengulang program pemberitaan makanan siang gratis untuk anak sekolah. 

“Makan bergizi untuk anak indonesia termasuk yang dalam kandungan ibunya dan selama sekolah dini sampai dewasa. Ini akan mengatasi angka kematian ibu waktu lahir, akan mengatasi stunting,” ujar Prabowo. 

Menurut Prabowo strategi yang disiapkan akan berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 2,5%. Selain itu ia menyebut program yang disiapkan akan memperbaiki kemiskinan secara fundamental. 

Di bidang kesehatan mereka berjanji membangun rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota. Selain itu juga menyiapkan puskesmas modern di setiap desa seluruh Indonesia. “Kami akan segera mempercepat mengatasi kekurangan dokter di Indonesia,” ujar Prabowo. 

Ia menyebutkan saat ini Indonesia kekurangan 140.000 dokter. Persoalan itu menurut dia akan diatasi dengan menambah fakultas kedokteran di Indonesia dari yang sekarang 92 kita akan membangun 300 fakultas kedokteran.

“Kami juga akan mengirim 10.000 anak dari SMA lulusan SMA beri beasiswa ke luar negeri untuk belajar kedokteran dan 10 ribu lagi untuk belajar sains teknologi engineering dan matematik, kimia biologi dan fisika itu kita rebut teknologi kita rebut sains,” ujar Prabowo. 

Selain itu Prabowo juga menjanjikan pembangunan rumah hingga 3 juta yang akan disebar 1 juta untuk pedesaan, 1 juta untuk masyarakat pesisir dan 1 juta untuk masyarakat perkotaan. 

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani, Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...