Daftar Tanggal Merah - Cuti Bersama Februari 2024, Berapa Hari Libur?

Ira Guslina Sufa
6 Februari 2024, 07:38
Imlek tanggal merah
ANTARA FOTO/Jessica Wuysang/YU
Sejumlah pengunjung menyaksikan hiasan lampion di Vihara Tri Dharma Hian Tian Siang Tie atau Vihara Budha Kutub Utara di Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Senin (5/2/2024). Menjelang Hari Raya Imlek 2575 yang jatuh pada Sabtu (10/2/2024),
Button AI Summarize

Daftar tanggal merah dan cuti bersama Februari 2024 membuat jumlah hari kerja selama Februari 2024 lebih sedikit dibanding bulan lain. Selain karena kalender Februari 2024 hanya sampai tanggal 29, juga terdapat beberapa tanggal merah karena libur nasional. Juga ada jadwal cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah pada Februari ini. 

Merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024 terdapat beberapa hari libur selama Februari ini. Dalam dokumen tersebut, terdapat dua hari libur nasional yang ditemani dengan satu hari cuti bersama pada bulan Februari 2024.

Selain itu juga ada pula empat tanggal merah yang bertepatan dengan akhir pekan. Dengan adanya ketentuan ini maka secara keseluruhan masyarakat akan dapat menikmati tujuh tanggal merah sepanjang bulan Februari 2024.

Pada minggu kedua Februari terdapat dua hari libur perayaan agama. Umat Islam akan memperingati Isra Mi’raj pada Kamis (8/2). Isra Mi’raj adalah peristiwa penting bagi umat muslim dunia yang diperingati sebagai perjalanan satu malam Nabi Muhammad SAW, saat Nabi mendapat perintah shalat. 

Selanjutnya pada Sabtu (10/2) giliran umat Tionghoa Indonesia merayakan Imlek 2024. Imlek adalah perayaan tahun baru yang menjadi peristiwa penting bagi setiap masyarakat Tionghoa. Imlek tahun ini menjadi tanda dimulainya Tahun Naga Kayu dalam mitologi Tionghoa. 

Berikut Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama  Februari 2024

Merujuk SKB 3 Menteri berikut daftar lengkap Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...