Puan Optimistis PDIP dan Ganjar-Mahfud Raup Suara Besar di Jawa Tengah

Ade Rosman
6 Februari 2024, 14:17
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) bersama Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri) menghadiri kampanye terbuka bertajuk Hajatan Rakyat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (21/1/2024).
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/tom.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) bersama Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri) menghadiri kampanye terbuka bertajuk Hajatan Rakyat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (21/1/2024).
Button AI Summarize

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani optimistis Jawa Tengah masih menjadi lumbung suara bagi partainya dan juga calon nomor urut 2 Ganjar Pranowo-Mauhfud MD. Selama masa kampanye, para calon presiden dan calon wakil presiden gencar mendatangi Jateng.

"Insyaallah Jateng tetap kandang banteng," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/2).

Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD memilih kampanye akbar di Jawa Tengah, tepatnya di Solo dan Semarang pada 10 Februari 2024 mendatang. "Karena yang siap dan memang dipilih dalam kampanye akbar terakhir itu Solo dan Semarang," kata Puan perihal alasan pilihan wilayah.

Sebelumnya, Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, mengungkapkan sejumlah titik yang akan menjadi lokasi kampanye akbar pasangan nomor urut 3 tersebut.

"Kita tinggal satu minggu lagi, sebelum kita melakukan pesta demokrasi, inilah di Jakarta. Nanti kita juga akan lakukan di Banyuwangi, Jawa Tengah," kata Arsjad kepada wartawan usai kampanye akbar di GBK, Jakarta, Sabtu (3/2) malam.

Pada kesempatan yang sama, Arsjad menyebut pasangan Ganjar-Mahfud beserta tim pemenangan akan fokus berkampanye dengan cara door to door yang dianggapnya merupakan cara tepat untuk menarik suara rakyat.

Berdasarkan jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), kampanye akan berakhir empat hari sebelum pencoblosan yakni 10 Februari 2024.

Rincian Jumlah Pemilih di Setiap Provinsi di Pulau Jawa 

Berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dirilis Komisi Pemilihan Umum jumlah total pemilih di Pulau Jawa mencapai 115 juta pemilih dari total pemilih nasional yang berjumlah 204,8 juta. Pemilih terbanyak berada di Jawa Barat dengan 35,7 juta suara. 

Provinsi kedua dengan jumlah suara besar adalah Jawa Timur dengan 31,4 juta pemilih diikuti Jawa Tengah dengan 28 juta pemilih. Sedangkan Banten, DKI Jakarta dan DI Yogyakarta masing-masing dengan pemilih di bawah 10 juta. 

Berikut daftar lengkap jumlah pemilih terdaftar DPT di Jawa 

  • Jawa Barat: 35.714.901 pemilih
  • Jawa Timur: 31.402.838 pemilih
  • Jawa Tengah: 28.289.413 pemilih
  • Banten: 8.842.646 pemilih
  • DKI Jakarta: 8.252.897 pemilih 
  • DI Yogyakarta: 2.870.974 pemilih 
  • Total pemilih di Pulau Jawa: 115.373.669 pemilih

Rangkuman Hasil Survei Elektabilitas Capres Anies, Prabowo dan Ganjar di Pulau Jawa 

Prabowo hadiri kampanye akbar Partai Demokrat di Malang
Prabowo hadiri kampanye akbar Partai Demokrat di Malang (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.)

 

Hasil Survei Elektabilitas Capres Terbaru dari LSI Denny JA

Survei terbaru yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan tren suara pasangan Prabowo - Gibran terus naik. Merujuk survei yang digelar pada 16-26 Januari 2024 terhadap 1.200 responden dengan metode tatap muka, pasangan nomor urut 1 ini unggul di pulau Jawa. 

Dari tiga provinsi terbesar yaitu Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah, Prabowo-Gibran unggul di Jawa Barat. Untuk Jawa tengah keunggulan masih dipegang Ganjar-Mahfud. Dari sisi kesukuan untuk total pemilih nasional Prabowo-Gibran unggul di Jawa dengan 49.3%, Sunda (55.0%), Melayu (59.7%), Bugis (75.3%), Batak (47.2%), dan suku lainnya (53.9%).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...