KedaiKOPI Prediksi Pilpres 2024 Berjalan Satu Putaran

Image title
Oleh Antara
14 Februari 2024, 16:58
Lembaga survei KedaiKOPI memprediksi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 akan berlangsung satu putaran.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.
Lembaga survei KedaiKOPI memprediksi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 akan berlangsung satu putaran.
Button AI Summarize

Lembaga survei KedaiKOPI memprediksi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 akan berlangsung satu putaran. Hal ini merujuk pada data sementara dari hasil hitung cepat nasional yang dilakukan lembaga survei tersebut.

"(Prediksi) itu cukup satu putaran, tapi kami belum bisa memutuskan satu putaran atau dua, ya. Ini berdasarkan data yang masuk," kata Rossi, di Jakarta, Rabu (14/2).

Menurut Rossi, prediksi itu berdasarkan pada data hasil hitung cepat (quick count) yang masuk sebesar 66,55% pada pukul 16.03 WIB, yang menunjukkan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul. Paslon tersebut meraih suara sebesar 59,23%.

Sementara itu, paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menduduki posisi kedua dengan perolehan suara sebesar 23,02%. Di urutan ketiga, ada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang memperoleh suara sebesar 17,75%.

Data tersebut diperoleh KedaiKOPI berdasarkan informasi pada hasil penghitungan suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di 37 provinsi. Hanya tersisa satu provinsi yang datanya belum terinput, yakni Provinsi Papua Barat.

Rossi mengatakan prediksi pilpres satu putaran itu juga berdasarkan ketentuan dalam Pasal 6A ayat (3) dan (4) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pasal tersebut mengatur bahwa pilpres satu putaran bisa terwujud dengan syarat pasangan capres dan cawapres mendapatkan suara lebih dari 50%, dengan sebaran suara sedikitnya 20% suara di setiap provinsi dan tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia atau 20 provinsi.

Berdasarkan hitung cepat KedaiKOPI, sampel yang digunakan adalah sebanyak 2.000 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia atau 38 provinsi. Proses sampling dilakukan secara acak melalui metode penarikan acak bertingkat (multistage random sampling) yang dilakukan dari tingkat daerah pemilihan (dapil) sampai tingkat kelurahan. Dengan penarikan acak bertingkat itu, hasil hitung cepat tersebut memiliki batas kesalahan (margin of error) kurang lebih 0,18%.

Pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku paslon nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3. Menurut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...