Prabowo Terima Ucapan Selamat dari Anwar Ibrahim hingga PM Australia

Ameidyo Daud Nasution
15 Februari 2024, 22:15
prabowo, malaysia, australia, singapura
Antara
Prabowo ziarah ke Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, Kamis (15/2).
Button AI Summarize

Calon Presiden Prabowo Subianto telah menerima ucapan selamat dari beberapa kepala negara. Hal ini seiring keunggulannya dalam hitung cepat Pemilihan Presiden 2024.

Beberapa pemimpin yang mengucapkan selamat adalah Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, hingga Perdana Menteri Ceko Petr Fiala.

"Ini adalah ucapan-ucapan selamat pertama usai hitung cepat dari pemimpin dunia," kata Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Budisatrio Djiwandono, Kamis (15/2).

Budsatrio mengatakan ucapan selamat adalah tanda dunia internasional mengakui Prabowo dan Gibran Rakabuming sebagai pemimpin Indonesia. Ia menjelaskan, hal tersebut bisa menjadi penanda pasangan tersebut akan memperkuat hubungan internasional.

Meski demukian, Budi mengatakan Prabowo dan Gibran tetap menunggu hasil penghitungan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Hari ini, Pak Prabowo masih seorang capres," katanya.

Sebelumnya, Anthony Albanese menyampaikan ucapan selama kepada Prabowo di akun Twitter atau X. Albanese mengaku jadi pemimpin pertama yang berbicara dengan Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Ia mengatakan dalam pembicaraan, keduanya membahas hubungan Indonesia dan Australia di masa depan. "I was honoured to be the first foreign leader to speak today with @prabowo," kata Albanese.

Dari hasil penghitungan sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan persentase 56,6% suara. Sedangkan lawannya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya mendapatkan 25,4% dan 17,9% suara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...