Mahfud MD Klarifikasi soal Tak Berkomunikasi dengan Ganjar Empat Hari

Desy Setyowati
17 Februari 2024, 14:17
mahfud md, ganjar,
ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/aww.
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyampaikan orasi politiknya saat kampanye di Lumajang, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024).
Button AI Summarize

Mahfud MD mengklarifikasi kabar bahwa dirinya tak berkomunikasi dengan pasangannya dalam Pilpres 2024 yakni  Ganjar Pranowo selama empat hari setelah pemungutan suara pada Rabu (14/2).

"Ada hoaks tentang hubungan saya dan Ganjar. Viral di media sosial bahwa saya tak kompak dan diisolasi dari Ganjar dan PDI Perjuangan, karena pada Rabu, 14 Februari, saya bilang sudah empat hari saya tidak bertemu atau berkomunikasi dengan Ganjar," kata Mahfud di Universitas Indonesia, Kampus Salemba, Jakarta Pusat, Jakarta, Sabtu (14/2).

Calon wakil presiden nomor urut 3 itu menjelaskan dirinya tak berkomunikasi dengan Ganjar selama empat hari, karena sedang menjalankan ibadah umrah. Mahfud langsung berangkat umrah usai kampanye akbar terakhir pada Sabtu (10/2), di Surakarta dan Semarang, Jawa Tengah.

"Padahal, itu ketika ditanya oleh wartawan pada Rabu pagi itu, ‘Kapan Pak terakhir ketemu Pak Ganjar?Saya bilang sudah empat hari tidak berkomunikasi, tidak kontak," kata Mahfud.

“Kenapa? Karena sejak kampanye terakhir, 10 Februari, di Surakarta dan di Semarang, saya langsung umrah. Jadi, ya, nggak berkomunikasi dong. Bukan karena berpisah karena tidak kompak dan sebagainya,” Mahfud menambahkan.

Dia pun membantah dalam kondisi tak kompak atau berpisah dengan Ganjar. "Dan pada 13 Februari baru pulang dan langsung ke Yogyakarta. Kapan bertemu? Untuk mencoblos. Jadi, empat hari tak bertemu itu karena umrah," kata Mahfud.

Dia mengatakan dirinya selalu berkomunikasi dengan Ganjar sebelum dan sesudah umrah. Komunikasi itu pun masih berjalan baik hingga saat ini.

"Sebelum dan sesudah umrah, sampai sekarang, saya selalu berkomunikasi, bertemu, maupun teleponan dengan Mas Ganjar. Itu yang terjadi," ujar Mahfud.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...