Gempa Magnitudo 5,7 di Banten, Rumah Warga Sekitar Pusat Gempa Aman

Agustiyanti
26 Februari 2024, 06:48
gempa, gempa di banten
123rf/svitden
Ilustrasi. Gempa berkekuatan magnitudo 5,7 terjadi di Banten pada Minggu (25/2).
Button AI Summarize

Gempa berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Banten dan terasa hingga Jakarta pada Minggu (20/07). Meski gempa berpusat di 79 Km barat daya Bayah-Banten, gempa tidak menyebabkan kerusakan di  pesisir Lebak, Banten. 

"Kami merasakan getaran gempa, tetapi relatif aman karena tidak menyebabkan kerusakan," kata Jaro Erwin, tokoh masyarakat Bayah Kabupaten Lebak saat dihubungi di Rangkasbitung, Lebak, Minggu (25/2).

Masyarakat pesisir pantai Kabupaten Lebak mulai dari Bayah, Panggarangan, Cihara hingga Binuangeun yang berdekatan dengan pusat gempa berkekuatan 5,7 relatif aman. Mereka melakukan kegiatan pada malam hari seperti biasa usai gempa terjadi. Gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan, baik rumah maupun infrastruktur lainnya.

"Kami malam ini bersama warga lainnya seperti biasa dan tidak panik adanya gempa bumi itu," kata Jaro Erwin yang juga mantan Kepala Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan rumah maupun infrastruktur. Gempa yang berlokasi di 7.61 LS,105.90 BT, 85 km Barat Daya di Bayah dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Getaran gempa itu cukup kencang hingga dirasakan di Rangkasbitung hingga sejumlah daerah di Jawa Barat," katanya.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...