Relawan AMIN dan Ganjar-Mahfud Bakal Gelar Unjuk Rasa 5 Maret

Amelia Yesidora
28 Februari 2024, 18:24
Para pendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), memadati Jakarta International Stadium (JIS), pada Sabtu (10/2).
Katadata/Amelia Yesidora
Para pendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), memadati Jakarta International Stadium (JIS), pada Sabtu (10/2).
Button AI Summarize

Relawan paslon nomor urut satu, Anies-Muhaimin, dan paslon nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud, sepakat bersatu mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024. Ketua Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin, Arif Minardi, mengatakan bakal melaksanakan demonstrasi turun ke jalan pada 5 Maret 2024.

"Rencananya kami akan tanggal 5 akan turun ke jalan. Kami selaku pengurus organisasi buruh, mengimbau kepada seluruh buruh yang sudah dianiaya oleh Omnibus Law Cipta Kerja, kita sudah tidak ada harapan lagi di Indonesia ini," kata Arif Minardi di Gedung Gerakan Bhineka Nasionalis (GBN), Jakarta, Rabu (28/2).

Sekretaris Jenderal BroNieS (Bro Anies), Winston Herlan Jaya, bilang aksi ini tidak merepresentasikan salah satu pasangan calon. Mereka belum berdiskusi dengan capres-cawapres masing-masing.

Berikut enam poin sikap pernyataan mereka:

  1. Menolak cara-cara curang Pemilu 2024 yang dilakukan oknum rezim yang melibatkan penyelenggara Pemilu.
  2. Menolak hasil Pilpres 2024 dari hasil KKN, pelanggar konstitusi dan mendesak DPR RI untuk usulan diskualifikasi capres-cawapres hasil Pilpres 2024 tersebut.
  3. Mendesak dengan segera DPR RI untuk melakukan hak angket dan memanggil Presiden Jokowi untuk diperiksa.
  4. Demi kebaikan bangsa dan negara, kami perwakilan dari jutaan pendukung dari 01 dan 03 mendesak DPR RI untuk memakzulkan Presiden Jokowi atas tindakan tidak netral dalam Pilpres 2024.
  5. Mendesak DPR RI untuk memanggil dan memeriksa semua komisioner KPU yang terlibat pada pemilu curang.
  6. Mendukung DPR RI untuk melakukan proses tahapan pemilu putaran kedua yang diikuti oleh 01 dan 03. 

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...