Christopher Nolan Akhirnya Raih Piala Oscar Kategori Sutradara Terbaik

Yuliawati
Oleh Yuliawati
11 Maret 2024, 10:16
Christopher Nolan dan istrinya, Emma Thomas. \
Instagram/Christophernolann
Christopher Nolan dan istrinya, Emma Thomas. \
Button AI Summarize

Christopher Nolan akhirnya meraih piala Oscar 2024 sebagai sutradara terbaik untuk film Oppenheimer di ajang Academy Awards. Penghargaan ini pertama kalinya buat Nolan setelah masuk nominasi Oscar beberapa kali.

Saat menerima penghargaan pada Minggu (10/3) waktu di Los Angeles, Nolan berterima kasih kepada para pemain dan kru film dan penulis buku American Prometheus yang menjadi dasar film Oppenheimer, Kai Bird dan Martin J. Sherwin. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada istri sekaligus produsernya, Emma Thomas.

Nolan merefleksikan medium film baru berusia lebih dari satu abad. "Mengetahui bahwa Anda menganggap saya sebagai bagian yang berarti adalah hal yang sangat berarti bagi saya," kata Nolan, dikutip dari Guardian, Senin (11/3).

Pada ajang Oscar ini, Nolan berhasil mengalahkan para pesaingnya, termasuk Martin Scorsese (untuk Killers of the Flower Moon), Justine Triet (untuk Anatomy of a Fall) dan Yorgos Lanthimos (untuk Poor Things).

Sebelumnya, Nolan pernah dinominasikan meraih penghargaan sutradara terbaik untuk Dunkirk pada 2018. Dia dianggap sebagai tokoh kuat untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Apalagi dia memenangkan serangkaian penghargaan sutradara terbaik menjelang Oscar, termasuk Golden Globe, Bafta, penghargaan Critics Choice, dan penghargaan Directors Guild of America.

Film Oppenheimer, yang diproduseri dan ditulis oleh Nolan, dibintangi oleh Cillian Murphy sebagai ilmuwan nuklir perintis J Robert Oppenheimer. Film ini menceritakan bagaimana proses Oppenheimer memimpin laboratorium rahasia Los Alamos yang mendesain dan membangun bom atom pertama. Bom atom ini yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada saat Perang Dunia II.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...