Sederet Caleg Populer yang Gagal Lolos ke DPR dari Dapil Jakarta I

Safrezi Fitra
14 Maret 2024, 14:41
Sederet Caleg Populer yang Gagal Lolos ke DPR dari Dapil Jakarta I, yusuf mansur, buni yani, ayu azhari, gilang dirga, ahmad ali,
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/tom.
Pemilu 2024
Button AI Summarize

Sejumlah tokoh yang mencalonkan diri menjadi anggota  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta I, diprediksi gagal mendapatkan kursi dalam Pemilu 2024. Beberapa di antara mereka adalah pendakwah Yusuf Mansur, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Dito Ariotedjo, artis Ayu Azhari dan Gilang Dirga, hingga Buni Yani.

Deretan nama yang diprediksi tak lolos diketahui dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional untuk Provinsi DKI Jakarta yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/3). Mereka kalah dalam pertarungan Pemilu 2024 karena memperoleh suara yang sedikit atau partainya tidak mendapatkan kursi DPR.

Dalam menentukan perolehan kursi partai politik di DPR hingga DPRD, digunakan metode Sainte Lague. Perhitungannya berdasarkan perolehan suara terbanyak partai politik dari hasil pembagian diurutkan sesuai dengan jumlah ketersediaan kursi di setiap dapil.

Dapil DKI Jakarta I meliputi Kota Administrasi Jakarta Timur. Berdasarkan hasil konversi suara menjadi kursi menggunakan metode Sainte Lague, hanya ada enam partai yang mendapatkan kursi DPR dari Dapil DKI Jakarta I.

Keenam partai tersebut adalah PKS (Partai Keadilan Sejahtera) memenangkan dua kursi. Sisanya PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), Partai Gerindra, PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), serta PAN (Partai Amanat Nasional) masing-masing mendapatkan satu kursi. Artinya, hanya akan ada enam caleg dari lima partai yang memenangkan kursi DPR. Padahal, di dapil tersebut ada 107 caleg yang diusung 18 partai politik.

Berikut daftar beberapa caleg yang gagal lolos ke DPR dari Dapil DKI Jakarta I:

1. Yusuf Mansur (Partai Perindo)

Penceramah Yusuf Mansur yang bernama asli Jam'an Nurchotib Mansur mencalonkan diri menjadi wakil rakyat melalui Partai Perindo. Namun, dia kemungkinan besar gagal lolos karena perolehan suaranya hanya 245 suara.

Selain itu, Partai Perindo juga terancam tidak mendapatkan kursi DPR, karena perolehan suaranya secara nasional masih di bawah ambang batas parlemen atau parliamentary treshold 4%, yang merupakan syarat suatu partai untuk bisa mendapatkan kursi di DPR.

2. Aiman Witjaksono (Partai Perindo)

Jurnalis Aiman Witjaksono meraih 8.605 suara, perolehan suara terbanyak untuk caleg-caleg Partai Perindo di Dapil Jakarta I. Namun, dia tidak akan lolos ke DPR karena partainya terancam tidak kebagian kursi di Senayan.

3. Faldo Maldini (PSI)

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini, merupakan caleg PSI yang memperoleh suara terbanyak di Dapil Jakarta I. Mantan Ketua BEM Universitas Indonesia itu memperoleh 56.725 suara.

Namun, karena partainya diprediksi tidak mendapatkan kursi di DPR RI, Faldo pun terancam tidak akan lolos ke Senayan. Perolehan suara nasional PSI secara nasional diperkirakan masih di bawah ambang batas parlemen atau parliamentary treshold 4%, yang merupakan syarat suatu partai untuk bisa mendapatkan kursi di DPR.

4. Ayu Azhari (PAN)

Artis Ayu Azhari gagal menembus Senayan karena perolehan suara yang tidak besar. Ayu hanya meraup 9.911 suara dari semua TPS di Jakarta Timur.

PAN sebenarnya mendapat satu kursi DPR dari Dapil Jakarta I. Namun, kursi itu menjadi hak milik Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio yang meraih suara terbanyak di antara caleg PAN.

5. Wanda Hamidah (Partai Golkar)

Wanda Hamidah, diprediksi juga gagal. Dia tercatat hanya memperoleh 10.839 suara di Jakarta I. Kegagalan Wanda juga disebabkan partainya yang diprediksi tidak mendapatkan kursi DPR untuk dapil ini.

Ini bakal jadi kali kedua Wanda gagal lolos ke Senayan dari dapil yang sama. Pada Pemilu 2019, Wanda sempat mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari Partai Nasdem untuk Dapil DKI Jakarta I. Wanda sempat menjadi anggota DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014 dari PAN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...