Giliran Joe Biden Surati Prabowo, Ucapkan Selamat Menang Pilpres

Ira Guslina Sufa
14 Maret 2024, 21:27
Joe Biden
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pandangannya dalam sesi Partnership for Global Insfrastucture and Investment dalam rangkaian KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).
Button AI Summarize

Presiden Amerika Serikat Joseph Robinette Biden Jr.  atau Joe Biden berkirim surat pada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Dalam surat yang diserahkan langsung oleh Duta Besar AS untuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Yohannes Abraham, Biden mengucapkan selamat kepada Prabowo lantaran perolehan suara dia bersama Gibran Rakabuming Raka unggul di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Surat untuk Prabowo diserahkan Abraham saat berkunjung ke Kantor Kemhan RI, Jakarta, Kamis (14/3). Prabowo yang maju sebagai calon presiden nomor urut 2 di Pilpres 2024 memperoleh suara 58,82% dalam hitung sementara rekapitulasi hasil pilpres yang dihimpun Komisi Pemilihan Umum.

Dalam surat ber-kop “The White House” yang menjadi representasi Gedung Putih atau Istana Kepresidenan AS, Joe Biden mengucapkan selamat atas Pemilu 2024 yang berhasil terselenggara dengan baik. Tak hanya kepada Prabowo ia mengucapkan selamat atas suksesnya pelaksanaan pemilu 2024. 

“Saya ucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas keberhasilan menyelenggarakan pemilu, yang mana wujud komitmen kita bersama terhadap demokrasi, dan (selamat juga kepada) anda yang unggul dalam perolehan suara. Saya menanti pengumuman hasil resminya,” kata Biden dalam surat untuk Prabowo. 

Biden dalam surat tertanggal 12 Maret 2024 itu, juga menyinggung 75 tahun persahabatan Indonesia dan Amerika Serikat yang terjalin semakin, Ia mengungkit kesamaan pandangan menjaga nilai-nilai demokrasi dan keberagaman. 

Lebih jauh Biden meyakini AS bersama-sama Indonesia dapat memelihara stabilitas dunia. Ia menekankan kerja sama dua negara dalam memastikan Indo-Pasifik tetap menjadi kawasan yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...