KPU Berpeluang Umumkan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
18 Maret 2024, 09:30
kpu, pemilu, pilpres
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Komisi Pemilihan Umum Hasyim Asy'ari (kedua kiri) bersama Anggota KPU Mochamad Afifuddin (kiri), Betty Epsilon Idroos (ketiga kiri), Idham Holik (kedua kanan) dan Yulianto Sudrajat (kanan) memimpin jalannya rapat pleno bersama Bawaslu, pemerintah dan perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024 di Ruang Sidang Utama KPU, Jakarta, Kamis (28/12/2023).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) berpeluang mengumumkan hasil Pemilu 2024 hari ini. Hal ini bisa dilakukan jika hasil penghitungan di lima provinsi serta satu wilayah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah disahkan.

Ini berarti KPU berpotensi mengumumkan hasil Pemilu 2024 dan Pemilihan Presiden 2024 lebih cepat dari jadwal yakni Rabu (20/3). Mereka juga berpeluang mengumumkan hasil pesta politik pada Selasa (19/3) dini hari.

"Prinsipnya ketika semua sudah selesai, maka langsung akan ditetapkan Ketua KPU," kata Komisioner KPU Idham Holik pada Minggu (17/3) dikutip dari Antara.

Lima provinsi tersisa adalah Jawa Barat, Maluku, Papua, Papua Barat daya, dan Papua Pegunungan. Pembacaan hasil rekapitulasi suara Jabar diagendakan pada 10.00 WIB.

Kemudian, pembacaan hasil Papua Barat Daya dijadwalkan pada pukul 12.00 WIB. Sedangkan Papua dan Papua Pegunungan akan dibacakan pada pukul 19.00 WIB.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...