Sehari di Rumah Pemenangan, Kala Anies-Muhaimin Menanti Hasil Pilpres

Amelia Yesidora
19 Maret 2024, 13:50
Anies
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt.
Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memberikan keterangan pers di posko pemenangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
Button AI Summarize

 Dua hari menjelang jadwal pengumuman hasil Pemilu 2024, rumah pemenangan Tim Nasional Anies-Muhaimin atau Timnas AMIN di Jakarta tidaklah ramai. Sepanjang hari pada Senin (18/3) hanya ada rapat tertutup di dalam markas yang berada di Jalan Diponegoro Nomor 10 itu. 

Pagi menuju siang para relawan terlihat melaksanakan rapat. Mereka meriung di ruang rapat utama yang biasa dijadikan tim pemenangan AMIN untuk merumuskan agenda penting. Selepas zuhur, mereka bergerak meninggalkan rumah pemenangan dan bergabung dengan massa aksi yang sudah berkumpul di KPU. 

“Ada yang mau ikut aksi di KPU siang ini?” tanya seorang relawan pada wartawan Katadata di Markas Timnas AMIN, Senin (18/3).

Di gedung KPU, sudah ada puluhan orang yang berkumpul. Mereka menyuarakan kekecewaan atas pelaksanaan pemilu 2024. Salah satu yang disorot adalah dugaan kecurangan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu. Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus atau Danjen Kopassus Mayor Jenderal Soenarko, salah satu Dewan Pakar Timnas AMIN juga sudah ada di sana. 

Di waktu yang bersamaan, calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan punya agenda bertamu ke kediaman Muhaimin di Kompleks Widya Chandra, Jakarta. Siang itu, mereka bercakap-cakap santai sembari berfoto di atas motor vespa koleksi Cak Imin. Foto ini kemudian Anies unggah ke laman Instagramnya. 

“Langsung bikin rencana, mau war takjil di mana kita, Gus?” tulis Anies di laman Instagram miliknya, Senin (18/3). 

Kegiatan Anies-Muhaimin Sebelum Pengumuman Pemilu

Setelah riuh masa kampanye dan Pemilu 2024, paslon nomor urut satu ini punya lebih sedikit kegiatan yang diliput media. Juru Bicara Timnas AMIN, Billy David Nerotumilena mengatakan dua orang ini tetap memiliki banyak agenda namun sifatnya internal. Baik itu ke internal Timnas AMIN atau koordinasi dengan partai di Koalisi Perubahan. Bahkan saat ini Timnas tengah intens berkoordinasi dengan Tim Hukum Nasional. 

“Selain itu, juga menghadiri undangan, baik yang sifatnya formal ataupun forum-forum dialog dengan relawan,” kata Billy saat dihubungi Katadata, Senin (18/3).

Akhir pekan lalu, Sabtu(16/3), Anies sempat berkunjung ke Sumatera Barat. Agenda utamanya adalah mengunjungi warga yang terdampak musibah banjir di Kabupaten Padang Pariaman. Di sana, ia memberikan bantuan 200 paket sembako. 

Sorenya, Anies bertolak ke Padang untuk silaturahmi, kemudian buka puasa dengan masyarakat setempat. Anies kemudian melaksanakan Salat Isya serta tarawih di Masjid Raya Sumatera Barat, Padang. 

Minggu sebelumnya (10/3), calon wakil presiden yang juga merangkap Ketua PKB, Muhaimin Iskandar, tampak berolahraga di kawasan Car Free Day Jakarta bersama jajaran pengurus PKB. Di sana, ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...