KPU akan Umumkan Hasil Pilpres dan Pemilu 2024 Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
20 Maret 2024, 07:18
kpu, pemilu, pipres
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wpa.
Ketua KPU Hasyim Asyari (tengah) didampingi anggota KPU (kiri ke kanan) Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Betty Epsilon Idroos dan August Mellaz memimpin rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Sabtu (16/3/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil Pemilu 2024 hari ini. Pada rekapitulasi hari terakhir, KPU akan menyelesaikan penghitungan suara di dua provinsi yakni Papua dan Papua Pegunungan.

"Tenggat waktu sampai 20 Maret, kalau rekapitulasi selesai, maka kita bisa lanjutkan proses berikutnya untuk penetapan," kata Komisioner KPU August Mellaz di Jakarta, Selasa (19/3) dikutip dari Antara.

Sedangkan Komisioner KPU Papua dan Papua Pegunungan telah meluncur ke Jakarta pada Selasa (19/3) dengan menyewa pesawat Trugana Air. Ini karena tak ada penerbangan Jayapura-Jakarta pada malam hari.

Komisioner KPU Papua Pegunungan Theodorus Kossay mengatakan rapat pleno di tingkat kabupaten sempat berlarut karena ada protes. Mereka menggelar rapat pleno di Bandara Sentani karena KPU Tolikara melaksanakan pleno di Jayapura.

"Walaupun banyak yang mengajukan keberatan, kami bersama komisioner KPU Papua berangkat," kata Kossay.

Sedangkan Area Manager Trigana Papua, Irwan Rohendi mengatakan piaknya menyiapkan Boeing 737-500 untuk membawa komisioner KPU Papua dan Papua Pegunungan ke Jakarta.

"Ada 22 penumpang yang dibawa, pesawat telah berangkat pukul 22.11 WIT ke Jakarta," katanya.

Secara terpisah, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto memastikan hasil rekapitulasi nasional bisa diumumkan tepat waktu yakni 20 Maret.

"Sesuai dengan UU, 35 hari setelah pemilu kita umumkan, berarti jatuh pada tanggal 20 Maret 2024," kata Hadi saat jumpa pers di kantor Menko Polhukam RI, Selasa.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...