Surya Paloh: Suka Tidak Suka, Nasdem Terima Hasil Pemilu

Amelia Yesidora
21 Maret 2024, 00:11
Surya Paloh dalam konferensi pers menanggapi hasil pemilu 2024, Rabu (20/3)
Katadata / amelia yesidora
Surya Paloh dalam konferensi pers menanggapi hasil pemilu 2024, Rabu (20/3)
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh menyatakan ia dan partainya menerima hasil Pemilu 2024. Pernyataan ini ia ambil meski menurutnya ada banyak catatan dalam pelaksanaannya.

Dalam konferensi pers yang ia gelar di NasDem Tower tak lama setelah Komisi Pemilihan Umum menetapkan hasil pilpres. Paloh mengatakan pemilu sudah berjalan sebagai mandat demokrasi dengan mekanisme yang telah ditetapkan dan kita sepakati bersama dalam kehidupan politik kenegaraan. 

“Inilah hasil pemilu yang harus kita terima. Benar bahwa terdapat berbagai macam catatan dan evaluasi bahkan gugatan atas pelaksanaan pemilu yang ke-13 dalam sejarah kehidupan politik kita ini,” kata Surya Paloh dalam konferensi pers Rabu (20/3). 

Surya menyebut berbagai suara telah menyerukan masalah dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Mulai dari kalangan aktivis, kelompok masyarakat sipil, hingga guru besar kampus ternama di Tanah Air.

“Namun apapun itu, suka atau tidak suka, mau tidak mau, kita harus tetap menerimanya,” ujar Paloh lagi.  

Ia pun mengatakan sebagai bagian dari upaya merawat demokrasi, perlu ada evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan pemilu 2024. Hal itu menurut dia diperlukan agar diskursus yang ada terus bergulir sehingga bisa memperbaiki sistem pemilu dan praktik demokrasi di Tanah Air. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...