Prabowo Temui Surya Paloh di Nasdem Tower Usai Dapat Ucapan Selamat

Amelia Yesidora
22 Maret 2024, 12:40
Prabowo
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh (kedua kanan) berjalan menuju ruang konferensi pers seusai menggelar pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023).
Button AI Summarize

Presiden terpilih periode 2024–2029 Prabowo Subianto bakal bertemu dengan ketua umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh. Pertemuan berlangsung di gedung NasDem Tower, Jumat (22/3). 

Rencana pertemuan Prabowo dan Surya Paloh sudah dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim. “Ya, benar,” ujar Hermawi saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Jumat (22/3). 

Hermawi menjelaskan pertemuan ini karena keinginan dari Ketua Umum Partai Gerindra itu sendiri. Ia menyebut Surya Paloh menjadi tuan rumah memenuhi permintaan Prabowo yang ingin datang. 

“Pak Prabowo yang mau datang silaturahmi dan akan diterima oleh Pak Surya Paloh,” kata Hermawi. Meski begitu ia tak menjelaskan lebih lanjut apa saja yang dibahas dalam pertemuan itu. 

Dalam kontestasi pemilihan presiden 2024, Nasdem mengusung pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar yang menjadi pesaing Prabowo. Nasdem membangun koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa. 

Di pemilu 2024, Prabowo menggandeng putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden. Koalisi terdiri dari Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Bulan Bintang, Gelora dan Prima. 

Saat pengumuman hasil Pemilu keluar dan Prabowo-Gibran dinyatakan menang, Surya menerima keputusan itu. “Partai Nasdem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu, baik pemilihan anggota legislatifnya (pileg) maupun pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres),” ujar Paloh di NasDem Tower, Rabu (20/3). 

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengucapkan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih itu. “Partai NasDem mengucapkan selamat kepada Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Pemenang Pilpres 2024,” kata Surya. 

Meski begitu saat ini dua lawan Prabowo di pilpres yaitu Anies dan Ganjar menggugat hasil rekapitulasi KPU ke Mahkamah Konstitusi. Anies dan Muhaimin telah mendaftarkan gugatan pada Kamis (21/3). Adapun Ganjar dan Mahfud MD masih menunggu waktu untuk mendaftar gugatan ke MK. 

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...