Daftar Mudik Gratis 2024 yang Masih Dibuka, Rute dan Linknya

Tia Dwitiani Komalasari
24 Maret 2024, 15:12
Calon pemudik gratis Pemprov DKI Jakarta (kiri) melakukan verifikasi data di Kantor Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Rawamangun, Jakarta, Minggu (24/3/2024).
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/Spt.
Calon pemudik gratis Pemprov DKI Jakarta (kiri) melakukan verifikasi data di Kantor Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Rawamangun, Jakarta, Minggu (24/3/2024).
Button AI Summarize

Peminat mudik gratis membludak bahkan kuotanya kerap habis dalam sekejap. Hal itu menyebabkan banyak yang masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan mudik gratis.

Salah satu program mudik gratis yang banyak diburu warga adalah Program Mudik Gratis Kementerian Perhubungan melalui transportasi bus.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Amirulloh mengatakan, antusiasme masyarakat untuk menikmati mudik gratis menggunakan transportasi bus sangat tinggi. Hal itu terlihat dari kuota yang disiapkan saat ini telah penuh per 22 Maret, dari jadwal pendaftaran yang ditetapkan dari 6 Maret hingga 3 April.

Amirulloh mengatakan, 5.980 kuota mudik gratis dengan menggunakan bus langsung habis hanya dalam waktu 5 menit pada hari pertama pendaftaran. Begitu pun di hari-hari selanjutnya ketika dibuka, hanya dalam waktu 5-10 menit kuota yang disiapkan per hari langsung penuh.

Antusiasme masyarakat juga terlihat dari total srcreenview yang di radar oleh Kemenhub, tercatat sebanyak 32.599.000 juta orang yang mengakses aplikasi MitraDarat, bahkan berada di posisi kedua aplikasi yang diakses setelah google.

“Begitu dibuka pukul 08.00 pagi, orang langsung mendaftar dan setelah 5 menit habis kuota itu,” ucap Amirulloh dikutip dari Antara, Minggu (24/3).

Dia mengatakan, kuota mudik gratis menggunakan bus tahun ini mencapai 38.088 penumpang dan telah habis.

Namun demikian, terdapat sejumlah pendaftaran mudik gratis yang dibuka. Beberapa intansi bahkan baru membuka pendaftaran mudik gratis. Demikian informasinya seperti dirangkum Katadata.co.id:

Mudik Gratis Kemenhub dengan Kapal Laut

Kementerian Perhubungan masih membuka pendaftaran mudik gratis penumpang dan motor dengan menggunakan kapal laut untuk tujuan Jakarta-Semarang dan sebaliknya. Pendaftaran mudik gratis ini dibuka hingga 7 April 2024.

Adapun syarat mudik gratis ini adalah:

  1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK
  2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.
  3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.
  4. Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik, mulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah) di:

    • Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jl. Panaitan No. 105, Tanjung Priok – Jakarta Utara
    • Kantor Kementrian Perhubungan RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat (wajib menggunakan kemeja atau polo shirt dan menggunakan sepatu. Mengingat keterbatasan lahan parkir maka disarankan untuk tidak membawa kendaraan, atau memarkir kendaraan di tempat lain)
  5. Verifikasi Calon Peserta Arus Balik (Hanya untuk Peserta Arus Balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya), mulai 22 Maret 2024, (termasuk hari libur dan tanggal merah) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jl. Yos Sudarso No.30, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang - Jawa Tengah

Mudik Gratis Kemenhub dengan Kereta Api

Kementerian Perhubungan menyelenggarakan program Angkutan Motor Gratis atau Motis 2024. Peserta juga bisa mendapatkan tiket murah seharga Rp 10.000 hingga Rp 20.000 untuk dua penumpang.

Angkutan Motis akan diselenggarakan dengan tiga lintas pelayanan, yaitu:

  • Lintas Utara (PP) Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang
  • Lintas Tengah (PP) Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo
  • Lintas Selatan (PP) Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun

Masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program Motis 2024 mulai 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

Motis 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik. Sementara layanan Motis 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024.

Adapun syarat mengikuti program ini adalah:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...