Ketua TKN Prabowo Rosan Roeslani Temui Mensesneg Pratikno, Bahas Apa?

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Maret 2024, 14:05
rosan roeslani, pratikno, prabowo
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Perkasa Roeslani (tengah) menjawab pertanyaan wartawan sebelum pertemuan TKN Prabowo-Gibran di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (30/11/2023).
Button AI Summarize

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Roeslani, hadir ke Kementerian Sekretariat Negara di Kompleks Istana Merdeka Jakarta pada Senin (25/3).

Rosan mengatakan dirinya menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Ia melaporkan sejumlah rencana agenda kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS). Ia mengaku masih kerap dihubungi oleh Pemerintah AS terkait kelanjutan kemitraan Indonesia-AS.

Sebelum menjabat sebagai Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan merupakan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat yang berkedudukan di Washington D.C. Dia mengajukan pengunduran diri sebagai Duta Besar pada 23 Oktober 2023 untuk fokus menjadi bagian TKN Prabowo-Gibran.

"Karena Duta Besar di Amerika belum ada, saya masih dihubungi oleh pihak kedutaan Amerika," kata Rosan saat ditemui usai pertemuan tersebut.

Penyampaian LHP LKPP 2022
Penyampaian LHP LKPP 2022 (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.)

Rosan menguraikan, pertemuan tersebut lebih banyak membahas soal koordinasi acara kerja sama yang Indonesia-AS pada tahun ini, khususnya perayaan 75 tahun kemitraan Indonesia-AS yang akan berlangsung di Capitol Hill, Washington D.C pada Agustus tahun ini.

"Jadi yang masih dihubungi Kedutaan Amerika itu saya, dan ini acaranya akan melanjutkan comprehensive strategic partnership yang disepakati oleh Presiden Jokowi dan Presiden Biden tahun lalu," ujar Rosan.

Dia mengaku pertemuan yang terjadi di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) hari ini tidak membahas isu politik apapun. Rosan juga menepis kedatanga dirinya ke Kemensesneg hari ini sebagai upaya persiapan susunan kabinet dan transisi peralihan pemerintahan Jokowi ke Prabowo.

"Tidak sama sekali. Mohon maaf saya hanya melaporkan hal itu (kemitraan Indonesia-AS) saja," kata Rosan.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...