Daftar 23 Caleg Artis Lolos DPR, Once - Ahmad Dhani Bertemu di Senayan

Ira Guslina Sufa
26 Maret 2024, 08:13
Deretan artis melenggang ke Senayan menjadi anggota DPR periode 2024-2029
Katadata
Deretan artis melenggang ke Senayan menjadi anggota DPR periode 2024-2029
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil akhir Pemilihan Umum 2024 pada Rabu (20/3) malam. Hasil tersebut diumumkan lewat rapat pleno terbuka yang dihadiri oleh seluruh perwakilan dari calon presiden dan wakil presiden dan dari partai politik.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan pada pemilu legislatif jumlah suara sah mencapai 151.796.631. Berdasarkan hasil penetapan yang dilakukan KPU, 8 dari 18 partai politik lolos ke senayan lantaran memperoleh suara lebih dari ambang batas parlemen 4 persen. Dalam catatan KPU total suara  dalam pemilihan legislatif 2024 sekitar 164 juta. 

Merujuk rekapitulasi KPU, komposisi partai politik yang lolos ke parlemen tidak jauh berbeda dengan hasil pemilu 2019. Dari sembilan partai yang saat ini memiliki wakil di DPR, hanya satu partai yang tidak lolos yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Meski begitu, tak semua sosok petahana yang ikut bertarung di pileg 2024 kembali lolos ke Senayan. 

Dari deretan 580 caleg yang lolos ke DPR pada pemilu 2024 sejumlah nama beken artis papan atas Tanah Air turun melenggang ke Senayan. Sebagian caleg berlatar belakang artis merupakan petahana yang sudah menjadi anggota DPR pada periode 2019-2024. Namun, tidak sedikit pula nama baru yang muncul dan melenggang ke Senayan. 

Dua artis yang cukup menjadi perhatian adalah dua Ahmad Dhani dan Once Mekel. Keduanya pernah bekerja bersama dalam grup musik Dewa 19. Once kemudian keluar tetapi Dhani tetap lanjut menggawangi grup musik itu. 

Once lolos ke Senayan dari pertarungan di Daerah Pemilihan Jakarta II meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri. Di Dapil Jakarta 2, Once harus mengalahkan dua politikus senior dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yaitu Eriko Sotarduga dan Masinton Pasaribu. Ia meraih 60.623 suara.

Merujuk metode Sainte Lague yang dipakai KPU untuk menetapkan kursi legislatif, di Dapil Jakarta 2 PDIP hanya mendapat 1 kursi DPR. Perolehan suara Eriko dan Masinton di bawah Once. 

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...