Viral Muncul Gunung Lumpur Usai Gempa Bawean, Ini Kata Badan Geologi

Happy Fajrian
26 Maret 2024, 14:30
gempa, gunung, badan geologi, gunung lumpur
Kementerian ESDM
Fenomena Bledug Kramesan, gunung lumpur yang muncul pasca gempa Bawean.
Button AI Summarize

Viral di media sosial fenomena munculnya gunung di tengah tengah persawahan di Grobogan, Jawa Tengah. Gunung tersebut dilaporkan muncul tak lama pasca gempa bumi di Bawean, Gresik, Jawa Timur pada Jumat (22/3).

Fenomena tersebut diunggah di akun TikTok @GEPREK KEN. Pengunggah video menarasikan bahwa sebuah gunung api aktif muncul di tengah-tengah persawahan. Dia mengatakan tinggi gunung sekitar 15-20 meter.

Kemudian ia mendekati gunung tersebut dan mendaki hingga ke puncak. “Puncaknya itu terdapat sebuah kawah. Kawah gunung ini masih aktif mengelarkan suara gemblegar yang menyemburkan lumpur,” ujarnya dikutip Selasa (26/3).

Pada video juga ditunjukkan puncak dari gunung tersebut yang meletup mengeluarkan lumpur pekat.

Badan Geologi: Fenomena Biasa

Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid menjelaskan bahwa gunung yang tengah viral tersebut merupakan gunung lumpur atau mud volcano. Dia menjelaskan gunung tersebut merupakan fenomena Bledug Kramesan yang merupakan hal yang biasa terjadi.

“Bledug ini adalah material dari mud diapir yang lolos ke permukaan melalui rekahan-rekahan maupun struktur sesar,” ujarnya dikutip dari siaran pers Kementerian ESDM.

Selain itu ada juga fenomena Bledug Kuwu yang hanya berjarak 3,4 kilometer dari Bledug Kramesan. Wafid mengatakan, area terjadinya Bledug Kramesan dan Bledug Kuwu pada umur Paleogen adalah termasuk dalam Pati Through yang memungkinkan diendapkannya sedimen secara cepat dan tebal.

Dan secara fisiografi termasuk pada antiklinorium Zona Rembang yang terdiri dari pegunungan lipatan berbentuk antiklinorium yang memanjang ke arah Barat - Timur, dari Kota Purwodadi melalui Blora, Jatirogo, Tuban sampai Pulau Madura.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...