Cerita Warga soal Ledakan Gudang Peluru: Granat Terlempar ke Pemukiman

Agustiyanti
31 Maret 2024, 13:30
ledakan, gudang peluru, gudang amunisi
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/wpa.
Sejumlah satpam berjaga pascaledakan ledakan gudang peluru di Culuster Visalia, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024). Gudang amunisi di Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 07/155 GS Kodam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor terbakar pada Sabtu, (30/3) pukul 18.05 WIB akibat amunisi yang sudah kadaluawarsa.
Button AI Summarize

Ledakan yang memicu kebakaran terjadi di Gudang Munisi Daerah Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor pada Sabtu (30/3). Warga di dekat lokasi kejadian bercerita, beberapa granat dan peluru terlempar ke permukiman mereka di Klaster Visalia, Kota Wisata Cibubur.

Ketua RT di klaster tersebut, Andre menjelaskan, terdapat granat dan peluru yang terlempar di klaster tersebut saat ledakan terjadi. Jarak antara klaster tersebut dengan Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor hanya sekitar 200 meter. 

"Granat ada sekitar lima hingga enam buah. Tak ada yang meledak. Kemudian, selongsong peluru tiga sampai lima buah. Panjang selongsong sekitar tiga sampai empat sentimeter," katanya pada Minggu (31/3). 

Ia juga menjelaskan, warga awalnya mengira terjadi kebakaran atau pecah ban  ketika mendengar suara ledakan. Warga yang akhirnya mengetahui ledakan berasal dari gudang peluru langsung mengamankan kendaraan masing-masing.

Menurut Andre,  sejumlah rumah mengalami kerusakan di jendela dan genteng. Namun, dia tidak bisa memastikan berapa rumah yang terkena akibat ledakan tersebut.

Pada Minggu (31/1) siang, petugas tampak telah memasang garis polisi di pintu masuk permukiman itu. Informasi yang dihimpun oleh ANTARA menyebutkan klaster tersebut langsung dijaga ketat oleh sekuriti atau satpam di sana.

Masyarakat yang bisa memasuki permukiman tersebut hanya para penghuni klaster, sedangkan orang lain, termasuk awak media dilarang masuk. Selain itu, terlihat sejumlah anggota TNI masih melakukan penyisiran di sejumlah kawasan permukiman tersebut dengan menggunakan alat pendeteksi metal. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...