Genap 12 Tahun, Katadata Targetkan Tumbuh secara Berkelanjutan
Katadata merayakan ulang tahun ke-12 pada hari ini, Senin 1 April 2024. Pada ulang tahun kali ini, Katadata memilih tema "Tumbuh Berkelanjutan" atau sustainable growth.
“Maknanya, Katadata harus tetap tumbuh berkelanjutan dan berkesinambungan,” kata CEO sekaligus Co-Founder Katadata, Metta Dharmasaputra di Jakarta, Senin (1/4).
Metta mengatakan bahwa tidak mudah untuk mencapai target tersebut karena dalam beberapa tahun terakhir banyak perusahaan di dunia, termasuk perusahaan media, bertumbangan. Tak sedikit perusahaan yang terombang-ambing atau bahkan tutup.
“Banyak yang tumbuh luar biasa cepat, melesat, tapi jatuhnya juga cepat,” kata Metta seraya menegaskan,”Katadata tidak ingin mengulangi fenomena itu. Katadata ingin tumbuh berkelanjutan”.
Demi mencapai tujuan tersebut, menurut Metta, Katadata akan tetap mengedepankan prinsip-prinsip bisnis dan pembangunan berkelanjutan, yang mencakup aspek lingkungan (environmental), sosial (social), dan tata kelola (governance) atau ESG.
Ulang tahun Katadata juga terjadi di tengah proses pemilihan umum (pemilu), ketika jutaan penduduk Indonesia telah memilih calon pemimpin yang baru. Peralihan pemerintahan akan terjadi pada Oktober mendatang, sebuah proses transisi yang akan amat menentukan nasib lebih dari 270 juta penduduk di negeri ini.
Sebagai perusahaan media, riset dan data, Katadata akan terus berupaya untuk ikut mengawal dan mengisi proses transisi tersebut. Caranya dengan menyajikan informasi faktual, serta melengkapinya dengan riset dan analisis data. “Hal Itu sesuai dengan motto kami ‘Membangun Indonesia dengan Data’,” ujar Metta dalam kesempatan terpisah.
Sebagai rangkaian dari mengisi usia ke-12, Katadata terus memperkuat visi green sustainability. Hal ini sekaligus menyongsong Sustainability Action for the Future Economy (SAFE) 2024, yang rencananya akan digelar pada Agustus mendatang. SAFE merupakan event tahunan Katadata sebagai bagian dari komitmen perseroan terhadap ESG.
Sebelumnya pada SAFE 2023, Katadata melalui Katadata Green telah meluncurkan ‘Green Movement: Gerakan Sabuk Hijau Nusantara, yakni gerakan menanam 10 ribu pohon dan pemberdayaan masyarakat di kawasan penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).
Katadata dikenal sebagai media bisnis dan ekonomi dengan tagline "Kalau bicara pakai data". Tak hanya menyampaikan informasi berkualitas berbasis data yang akurat dan terpercaya saja, Katadata juga menerapkan prinsip deep of field untuk menekankan kedalaman data. Deep of field ini menegaskan visi dan misi Katadata untuk menyajikan produk-produk komunikasi yang beyond innovation.