Sempat Terancam Diboikot, Erspo Segera Ganti Desain Jersey Timnas

Desy Setyowati
2 April 2024, 07:09
jersey timnas, erspo, timnas sepak bola
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pesepak bola Timnas U-20 Indonesia berpose saat akan melawan Timnas U-20 Cina dalam pertandingan persahabatan internasional di Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (22/3/2023).
Button AI Summarize

Erspo atau Erigo Sport akan meluncurkan desain baru jersey Timnas Sepak Bola Indonesia pada pertengahan tahun ini. Produsen pakaian olahraga ini menyatakan siap berkolaborasi, setelah sebelumnya viral seruan boikot di media sosial.

“Kami berterima kasih atas seluruh kritik dan masukan yang diberikan, khususnya dari para penggemar sepak bola di tanah air,” kata CEO sekaligus pendiri Erspo Muhammad Sadad dalam keterangan pers, Senin (1/4).

“Oleh karena itu, untuk desain berikutnya yang rencananya mulai diluncurkan pada pertengahan tahun ini, Erspo siap menjalin kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan sepak bola agar apparel resmi timnas Indonesia semakin baik dan terus menjadi kebanggaan kita semua,” Sadad menambahkan.

Erspo merupakan jenama lokal yang menyuplai apparel untuk tim nasional Indonesia sejak Maret. Mereka menggantikan Mills yang telah bekerja sama dengan PSSI sejak 2020.

Kemitraan Erspo dan PSSI bernilai Rp 16,5 miliar, yang mencakup pendanaan Rp 5 miliar dalam bentuk sponsorship dan royalti.

Pada peluncuran jersey timnas Indonesia pada 18 Maret, sebagian warganet mengkritik kritik desain Erspo. Mantan pelatih futsal dan komentator olahraga di bidangsepak bola Justinus Lhaksana turut melontarkan kritik.

Tagar #boikoterspo menjadi salah satu trending topic atau topik terpopuler Indonesia di X pada Sabtu (30/3). Netizen mencela sikap desainer jersey Timnas, Ernanda Putra yang menanggapi kritik olahraga Justinus Lhaksana terkait kualitas produk buatannya dengan mencebik secara pribadi.

Erspo berjanji akan bekerja sama dengan berbagai pihak dan mengeluarkan desain jersey timnas sepak bola Indonesia yang baru pada pertengahan 2024.

“Komitmen ini merupakan bentuk dukungan Erspo dalam membangun ekosistem industri sepak bola tanah air yang semakin kuat dan kompetitif. Kami berharap kerja sama PSSI dan Erspo ini akan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan timnas Indonesia,” ujar Sadad.

Reporter: Antara, Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...