Nadiem Buka Lowongan CPNS & PPPK 2024 untuk 40.514 Formasi

Nadhira Shafa
2 April 2024, 11:30
Nadiem Buka Lowongan CPNS & PPPK 2024 untuk 40.514 Formasi
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/tom.
Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) berfoto bersama usai pelantikan di lingkungan kerja Pemerintah Kota Bogor, Plaza Balaikota Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/3/2024). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan proyeksi kebutuhan ASN secara nasional pada tahun 2024 sebesar 2.302.543 yang terdiri dari 690.822 calon pegawai negeri sipil (CPNS), 1.605.694 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan 6.027 usulan sekolah kedinasan dengan prioritas pada p
Button AI Summarize

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memberikan izin formasi untuk 40.541 calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Formasi ini dibagi menjadi 15.462 untuk CPNS dan 25.079 untuk PPPK.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menekankan bahwa formasi ini merupakan bagian dari upaya untuk mengakhiri ketergantungan pada tenaga non-ASN/honorer di Kemendikbudristek. Selain itu, formasi ini juga akan mendukung dunia pendidikan yang tersebar di pemerintah daerah.

"Ada beberapa poin penting yang menjadi titik tekan. Pertama, formasi ini menjadi bagian dari upaya penuntasan tenaga non ASN/honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek, selain tentu formasi dalam skema luas di dunia pendidikan yang juga tersebar di Pemda," kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam keterangan tertulis melalui laman resmi KemenPAN-RB, Senin (1/4).

Salah satu fokus utama adalah pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di perguruan tinggi, khususnya dosen, yang selama ini mengalami keterbatasan formasi meskipun jumlah mahasiswa terus bertambah. Tahun ini, sesuai arahan Presiden, diharapkan formasi untuk dosen dapat dioptimalkan.

Selain itu, ada penekanan pada pemenuhan formasi untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan fokus pada pelayanan dasar seperti guru dan tenaga kesehatan. Pemerintah juga berencana merekrut talenta baru (fresh graduate) melalui seleksi CPNS dan mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Menteri Dikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan apresiasi atas dukungan Kementerian PANRB dalam penataan manajemen SDM sektor pendidikan. Beliau menyoroti kebutuhan mendesak akan formasi dosen dan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan Kemendikbudristek, yang akan sangat membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan kinerja kementerian.

“Kebutuhan memang sudah cukup darurat, ya, kebutuhan kita untuk formasi dosen. Jadi ini akan sangat membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi kita dan juga meningkatkan kualitas kinerja kementerian kita juga.” pungkasnya.

Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...