Arab Saudi Amati Hilal Hari Ini, Lebaran Potensi Beda hari dengan RI

Ameidyo Daud Nasution
8 April 2024, 14:57
lebaran, hilal, arab saudi
ANTARA FOTO/Khalis Surry/tom.
Petugas Kantor Kemenag Kota Sabang melakukan pemantauan hilal di Tugu Kilometer Nol Indonesia, Kota Sabang, Aceh, Minggu (10/3/2024).
Button AI Summarize

Pengamatan hilal di Arab Saudi untuk menentukan Idul Fitri akan dilangsungkan hari ini. Mahkamah Agung Arab Saudi meminta seluruh umat di negara tersebut untuk melihat hilal yang menandai akhir Ramadan pada Senin (8/4).

Dikutip dari Arab News pada Senin (8/4), MA Arab Saudi juga meminta siapapun yang melihat hilal dengan mata telanjang atau teleskop untuk menghubungi pengadilan terdekat dan mencatat pernyataannya.

Pengamatan hilal di Arab Saudi dilakukan pada hari ke-29 Ramadan. Sebagai informasi, 1 Ramadan di negara tersebut ditetapkan jatuh pada 11 Maret 2024.

Jika hilal tak terlihat malam ini, maka Selasa (9/4) akan menjadi tanggal 30 Ramadan dan Idul Fitri akan dirayakan pada Rabu (10/8). Jika hilal telah terlihat, maka Lebaran di Arab Saudi akan dirayakan pada besok.

Ini berarti ada potensi perayaan Idul Fitri antara Arab Saudi dan Indonesia berbeda hari. Ini karena Kementerian Agama baru akan mengelar sidang isbat pada Selasa besok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...