Status Gunung Ruang di Sulawesi Naik Menjadi Awas

Mela Syaharani
18 April 2024, 09:54
Gunung Ruang, PMBG, badan geologi
Dok. PVMBG Badan Geologi
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menaikkan status Gunung Api Ruang menjadi Level IV (AWAS). PVMBG sebelumnya telah meningkatkan statusnya menjadi Level III (Siaga) pada Selasa (16/4).

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (AWAS) terhitung mulai 17 April 2024 pukul 21.00 WITA,"kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan, dikutip dari siaran pers  Kementerian ESDM, Kamis (18/4).

Hendra menyampaikan, ketinggian kolom erupsi cenderung meningkat dengan material erupsi berupa abu disertai lontaran batuan pijar yang mencapai jarak sekitar 5 km di pulau Tagulandang. 

Menurut dia, jumlah kejadian Gempa Vulkanik Dalam juga meningkat signifikan disertai getaran Tremor Vulkanik Menerus dengan amplitudo overscale. Ini menandakan saat ini masih terjadi proses peretakan batuan disertai migrasi magma dari reservoir magma dalam ke permukaan dalam bentuk erupsi eksplosif berselingan dengan erupsi efusif (aliran lava).

Kondisi tersebut lah yang menurut dia, membuat PVMBG memutuskan  meningkatkan status Gunung Ruang menjadi Level IV (AWAS). Ia pun  mengingatkan kepada masyarakat sekitar Gunung Ruang untuk tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang. 

Ia juga mengingatkan masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...