Adeging Mangkunegaran ke-267 Digelar, Ada Konser hingga Lomba Lari

Amelia Yesidora
18 April 2024, 16:19
Adeging Mangkunegaran ke-267 diadakan mulai dari 17 Maret hingga 28 April 2024.
Katadata
Adeging Mangkunegaran ke-267 diadakan mulai dari 17 Maret hingga 28 April 2024.
Button AI Summarize

Pura Mangkunegaran kembali menggelar Adeging Mangkunegaran untuk memperingati hari jadi ke-267 mulai dari 17 Maret hingga 28 April 2024. Raja Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X, mengatakan tahun ini pihaknya mengadakan kegiatan budaya, musik, hingga olahraga.

“Fokus kami adalah bagaimana masyarakat bisa terlibat dalam Adeging Mangkunegaran. Karena Adeging Mangkunegaran ini merupakan aset bersama dan kebudayaan, tentunya juga harus kita jaga,” kata KGPAA Mangkunegoro X dalam jumpa pers bersama media di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/4).

Ada lima acara yang akan berlangsung dalam rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267. Pertama, Sumunar Mangkunegaran mulai 17 Maret hingga 28 April. Kedua, Mangkunegaran MakaN-MakaN selama dua hari, 27–28 April.

Ketiga, Royal Dinner Mangkunegaran pada Sabtu, 27 April. Lalu, ada kegiataan Mangkunegaran Run in Solo dan konser Mangkunegaran Laras Hati di hari yang sama pada Minggu, 28 April.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka turut mengapresiasi acara ini. Menurutnya, Adeging Mangkunegaran berdampak besar bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.

“Kami sangat senang dengan adanya event Adeging Mangkunegaran ini karena sudah terlihat dampaknya yaitu jumlah wisatawan ke Solo meningkat dan multiplier effect-nya juga sudah dirasakan oleh UMKM,” jelas Gibran dalam kesempatan yang sama.

Untuk mengadakan acara ini, Pura Mangkunegaran bekerjasama dengan Katadata Indonesia, Yayasan DNC, Bank Permata, dan Pertamina. Khusus Bank Permata, tahun ini adalah pertama kalinya mereka bekerjasama dengan Pura Mangkunegaran.

“Kerjasama ini dilakukan untuk mendorong dampak sosial yang positif sekaligus melestarikan kebudayaan dan merangkul beragam komunitas serta masyarakat. Caranya dengan berbagai kegiatan, termasuk seni, olahraga, dan pengembangan UMKM yang terintegrasi dalam perayaan potensi pariwisata yang unggul,” kata Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank Dhien Tjahajani.

Pertamina ambil bagian dalam konser Mangkunegaran Laras Hati. Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyebut beberapa musisi yang bakal memeriahkan konser ini.

“Yura Yunita, Kahitna, Tipe X, FSTVLST dan Sisitipsi,” ujarnya, ”Nanti tiketnya juga bisa dibeli melalui MyPertamina."

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...