Anies Siap Bertemu Prabowo: Kami Teman dalam Demokrasi

Amelia Yesidora
23 April 2024, 20:39
anies, prabowo, pilpres
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wpa.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengikuti jalannya sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, mengaku siap untuk bertemu presiden terpilih Prabowo Subianto. Menurut Anies, ia dan Prabowo bukan musuh, melainkan lawan yang saling menguatkan dalam Pemilu.

“Kami adalah teman demokrasi. Karena itu kemarin ketika kami menyampaikan pesan-pesan seusai pengumuman putusan MK, kami menyampaikan, ‘Mari sama sama menjaga demokrasi,” katanya di DPP PKS, Jakarta, Selasa (23/4).

Dalam ucapan selamatnya ke Prabowo-Gibran, Anies berharap bakal ada transisi pemimpin yang berjalan dengan baik. Kemudian, agar pemerintah menjaga keseimbangan dan independensi eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Ketiga, menjamin kebebasan media dan menjaga kebebasan berpendapat rakyat.

 “Tidak pernah sedikit pun ada bayangan, ini sebagai kontestasi yang tidak ada ujungnya,” ujar Anies.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menghargai putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak seluruh permohonan kubu 01. Dengan putusan itu, Prabowo-Gibran resmi menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...