Prabowo Gibran Ditetapkan Presiden dan Wapres Terpilih, PDIP Tak Hadir

Ade Rosman
24 April 2024, 11:35
Prabowo
Tangkapan siaran KPU
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat penetapan pemenang pilpres 2024, Rabu (24/4)
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan wakil presiden terpilih untuk periode 2024-2029. Penetapan dilakukan di kantor KPU pada Rabu (24/4). 

Dalam rapat pleno itu, hanya satu Ketua Umum partai pengusung pasangan calon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang hadir secara langsung. Dia adalah Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono. 

Adapun Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo tak hadir.

Seiring dengan itu, calon presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo juga tak hadir di acara pelantikan. Padahal, KPU telah melayangkan undangan kepada seluruh peserta pilpres untuk hadir pada saat penetapan. 

Ganjar mengatakan saat ini dirinya tengah berada di Yogyakarta. Ia mengaku telat membuka pesan Whatsapp terkait undangan yang dikirimkan pagi tadi.

"Saya baru terima kabar pagi ini. Semalam saya tanya staf saya, tidak ada undangan. Kebetulan saya di Yogya jadi tidak bisa datang. Tadi saya konfirmasi ke staf undangan awalnya untuk para ketua partai," kata Ganjar kepada wartawan melalui pesan singkat, Rabu (24/4).

Anies dan Muhaimin Hadiri Penetapan

Berbeda dengan Ganjar dan PDIP, pasangan calon nomor urut 01 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar hadir dalam rapat pleno penetapan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (24/4).

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di lokasi, Anies dan Muhaimin yang mengenakan jas hitam tiba sekira pukul 10.05 WIB. Anies mengatakan, kehadirannya dan Muhaimin sebagai bentuk menghormati proses bernegara hingga tuntas. Ia mengatakan pemilu dan pilpres merupakan bagian dari proses demokrasi. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...