PKB Gelar Karpet Merah Sambut Presiden Terpilih Prabowo, Kode Koalisi?

Amelia Yesidora
24 April 2024, 13:16
Suasana DPP PKB menyambut kedatangan Prabowo Subianto usai penetapan pemenang pilpres di KPU, Rabu (24/4)
Katadata / amelia yesidora
Suasana DPP PKB menyambut kedatangan Prabowo Subianto usai penetapan pemenang pilpres di KPU, Rabu (24/4)
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, Muhaimin Iskandar, bakal bertemu dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Pertemuan ini dilaksanakan di kantor DPP PKB usai acara penetapan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden - wakil presiden di KPU. Rencana pertemuan itu sudah dikonfirmasi oleh sumber Katadata.co.id  di internal PKB.

Dari pantauan Katadata.co.id sekitar pukul 12.30 WIB, kantor DPP PKB sudah mulai disterilkan. Bahkan sudah ada karpet merah di depan DPP PKB untuk menyambut Prabowo. 

Beberapa kader PKB juga tampak mendatangi DPP PKB. Seperti anggota Komisi I DPR RI, Taufiq R. Abdullah. Juga ada Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. 

 PKB sendiri masih belum tegas mengatakan arah politik sesudah Keputusan MK. Cak Imin mengatakan dirinya masih akan bekerjasama dengan pemerintah baru. 

 “Tentu lembaran baru yang kami harapkan adalah apapun masa depan bangsa ini membutuhkan kerjasama yang sungguh-sungguh dari kekuatan partai politik,” ujarnya di Nasdem Tower, Selasa (23/4). 

PKB - Nasdem Dukung Pemerintahan Prabowo - Gibran

Meski belum memutuskan apakah akan menjadi koalisi atau oposisi sebelumnya Ketua Umum Partai Nasional Demokrat atau NasDem Surya Paloh mengatakan partainya bersama PKB akan mendukung pemerintah baru  yang akan dilantik Oktober 2024 itu. 

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai bertemu dengan Muhaimin Iskandar. Ia mengatakan PKB dan Nasdem sudah berjuang bersama dan telah menerima realitas pilpres yang ditandai dengan putusan Mahkamah Konstitusi. 

Menurut Surya Paloh, setelah putusan MK dibuat, PKB dan Nasdem akan terus membangun sinergi untuk membangun bangsa. Ia pun menyatakan bahwa PKB dan Nasdem bersepakat untuk menutup buku lama dan memulai dinamika baru. 

“Tugas dan tanggung jawab kami bersama baik PKB maupun NasDem adalah bagaimana memperkuat sinergitas di antara dua institusi partai politik ini untuk memperkuat seluruh aspek kehidupan yang kita miliki sebagai satu bangsa,” ujar Surya Paloh, Selasa (23/4). .

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...