Korsel Gagal Cetak Rekor Tampil di 10 Olimpiade Usai Kalah dari Timnas

Ade Rosman
26 April 2024, 11:47
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Marselino Ferdinan (tengah) melewati dua pesepak bola Timnas U-23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari. Timnas U-23 Indone
ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/foc.
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Marselino Ferdinan (tengah) melewati dua pesepak bola Timnas U-23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari. Timnas U-23 Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 setelah mengalahkan Korea Selatan melalui adu pinalti dengan agregat 11-10, setelah sebelumnya bermain imbang dengan skor 2-2.
Button AI Summarize

Korea Selatan kehilangan tiket Olimpiade Paris 2024 setelah tumbang dari timnas U-23 Indonesia di perempat final Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat dini hari (26/4). Korsel harus melepaskan catatan selalu tampil di gelaran Olimpiade sejak 1988 silam atau sembilan kali berturut-turut.

Pertandingan dengan timnas Indonesia membuat mereka gagal mencatat 10 kali keikutsertaan beruntun di Olimpiade. Korea Selatan selalu lolos dalam sembilan Olimpiade terakhir dengan prestasi yang tak bisa dianggap remeh.

Pada 2012, berhasil meraih perunggu di Olimpiade London. Kemudian pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan Tokyo 2020 lolos ke perempat final.

Tim asuhan Shin Tae-Yong mengalahkan Korea Selatan lewat drama adu penalti dengan hasil 11-10. Adu penalti setelah di waktu normal dua kali 45 menit, kedua tim berbagi gol 2-2. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar itu, Garuda muda mencetak gol terlebih dahulu lewat gol yang dicetak Rafael Stuck. Ia mencetak gol pada menit ke-15 dan 45+3.

Kemudian Korea Selatan menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Komang Teguh dan Jeong Sang Bin yang berasal dari serangan bangun yang dibangun. Atas kemenangan itu, timnas Indonesia mengamankan satu tiket empat besar Piala Asia U-23.

Korea Selatan selalu melewati semifinal dalam empat dari enam edisi Piala Asia U23 yang dua di antaranya berlanjut ke final termasuk saat mereka menjuarai turnamen ini pada 2020.

Bagi Indonesia sendiri, inilah pertama kali dalam 39 tahun terakhir sebuah tim nasional sepak bola negeri ini dapat mengalahkan sebuah tim nasional Korea Selatan, sejak menang 4-0 dalam Turnamen Merdeka di Malaysia pada 31 Juli 1986.

Garuda Muda juga menjadi tim kedua setelah Jepang pada 2022 yang menyingkirkan Korea Selatan dalam perempatfinal Piala Asia U23, padahal tim ini selalu melewati semifinal dalam empat dari enam edisi Piala Asia U23.

Atas kemenangan itu, timnas Indonesia mengamankan satu tiket empat besar Piala Asia U-23. Garuda Muda melanjutkan petualangan mereka dalam semifinal, dengan menghadapi pemenang pertandingan Sabtu dini hari esok antara Uzbekistan dan Arab Saudi. Kedua tim sama-sama berperingkat tinggi di Asia, tapi masih di bawah Korea Selatan.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...