Shin Tae-yong Telah Pelajari Uzbekistan, Indonesia Wakil Tunggal ASEAN

Syahrizal Sidik
27 April 2024, 17:25
Shin Tae-yong Telah Pelajari Uzbekistan, RI Jadi Wakil Tunggal ASEAN
Dok. Instagram Ernando Ari/@nandoariiiss
Timnas Indonesia U-23
Button AI Summarize

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan tim nasional Indonesia siap menghadapi laga semifinal melawan timnas Uzbekistan U-23, Senin (29/4) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Uzbekistan, yang menjadi juara Piala Asia U-23 edisi 2018 itu melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan timnas Arab Saudi. Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, memastikan, juru taktik Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga telah mempelajari gaya permainan Uzbekistan.

“Tim ini juga mempunyai bau-bau (gaya bermain) menyerupai negara Eropa seperti Rusia (yang mengandalkan kekuatan fisik)," kata Arya, dikutip dari Antara, Sabtu (27/4).

Arya berharap dengan waktu pemulihan sehari yang lebih lama dibandingkan Uzbekistan dapat dimanfaatkan oleh Marselino Ferdinan dan kawan-kawan untuk dapat mengembalikan kondisi fisik sebelum berlaga di semifinal.

Garuda Muda perlu mengunci satu kemenangan lagi untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024, akan meladeni tantangan Uzbekistan di babak semifinal pada Senin (29/4) mendatang. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sebelumnya menyatakan seiring Timnas yang berhasil melangkah ke semifinal, maka sangat logis jika target berikutnya adalah maju ke babak final Piala Asia. 

Wakil Asia Tenggara di Semifinal

Timnas sepak bola Indonesia juga menjadi satu-satunya wakil negara Asia Tenggara (ASEAN) yang berlaga di semifinal Piala Asia U-23 setelah Vietnam gugur melawan Irak dengan skor 0-1. Irak keluar sebagai pemenang melalui gol penalti Ali Jasin Elaibi pada menit ke-64 dan membuat mereka menantang Jepang di semifinal pada Selasa (30/4) nanti. 

Asia Tenggara sebelumnya diwakili empat negara termasuk Indonesia pada turnamen kelompok umur dua tahunan ini. Namun, dua wakil lainnya selain Indonesia dan Vietnam yaitu Thailand dan Malaysia harus gugur lebih dulu di babak penyisihan grup.

Thailand yang memulai Piala Asia U-23 dengan kemenangan 2-0 atas Irak di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, harus tertunduk lesu pada dua laga sisa Grup C dengan kekalahan 0-5 dari Arab Saudi dan 0-1 dari Tajikistan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...