Pelari dan Warga Sambut Antusias Gelaran Mangkunegaran Run Solo 2024

Amelia Yesidora
28 April 2024, 09:21
Pelari antusias mengikuti gelaran Mangkunegaran Run in Solo, Minggu (28/4)
Katadata / amelia yesidora
Pelari antusias mengikuti gelaran Mangkunegaran Run in Solo, Minggu (28/4)
Button AI Summarize

Matahari belum terbit, namun ribuan orang sudah memadati Puro Mangkunegaran pagi ini, Minggu (28/4). Beberapa terlihat tengah melompat-lompat, berlari kecil, dan melakukan peregangan. Mereka adalah para pelari di gelaran Mangkunegaran Run in Solo. 

Di sela-sela pemanasan itu, terdengar alunan gamelan mengiringi. Sekitar pukul 04.55 WIB, dua barisan prajurit Pura Mangkunegaran terlihat masuk ke jalur lari. Barisan dibuka dan tampaklah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X. 

Pemimpin Mangkunegaran yang dikenal dengan Gusti Bhre ini kemudian naik ke atas panggung untuk membuka acara pagi ini. Tidak sendiri, Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa juga mengibarkan bendera tanda acara dimulai. 

Ada total 3.200 orang pelari dalam acara ini yang terbagi dalam tiga jarak tempuh. Paling banyak adalah pelari jarak lima kilometer atau 5K yakni sebanyak 1.465 orang, kemudian 10K sebanyak 1.160 orang. Terakhir, ada half marathon yang pelarinya akan berlari sejauh 21 km. 

 Aulia, salah satu peserta Mangkunegaran Run In Solo menarik perhatian peserta lainnya. Bila kebanyakan peserta mengenakan kaos, peserta lari jarak 5K itu mengenakan daster. 

Pipinya dipulas dengan glitter berwarna hijau dan kuning, sementara ujung matanya ditempel stiker bergambar ekor merak. Sebagai pelengkap tampilan, Aulia menggelung rambutnya dengan beberapa rol rambut. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...