Kontroversi Larangan Nobar Semi Final Piala Asia U-23, Ini Aturannya

Image title
29 April 2024, 14:39
nobar
ANTARA FOTO/Aji Styawan/foc.
Warga merayakan kemenangan Timnas U-23 Indonesia usai mengalahkan Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 dalam acara nobar di halaman Balai Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (26/4/2024) dini hari.
Button AI Summarize

MNC Group sebagai pemegang hak siar eksklusif di Indonesia mengeluarkan larangan penggunaan siaran Piala Asia U-23 2024 untuk nonton bareng atau nobar Indonesia vs Uzbekistan.  Larangan ini menuai protes dan ramai di media sosial, terutama X dan TikTok. 

MNC melarang menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang dan logo bersama dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, nama kompetisi, trofi resmi Piala Asia U-23 2024.

Kemudian, menyiarkan dan/atau meredistribusikan siaran Piala Asia U-23 2024, memproduksi dan/atau mengadakan kegiatan, termasuk program acara, kompetisi dan/atau promosi dalam bentuk apapun dan melalui media apapun, seperti program undian, SMS, kuis, games, polling, yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan AFC U-23 Asian Cup 2024.

Lalu, larangan terkait penyelenggaraan kegiatan on air, kegiatan off air, termasuk nonton bareng atau nobar, serta menggunakan materi-materi promo media cetak, digital media, bill board dengan asosiasi iklan.

Respons MNC Group dan Kemenpora

NOBAR LAGA FINAL PIALA AFF U-16 DI GOWA
Ilustrasi, kegiatan nonton bareng atau nobar pertandingan sepak bola (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa)

Menanggapi kabar yang beredar ini, Corporate Secretary MNC Group, Syafril Nasution membantah bahwa pihaknya melarang penyelenggaraan nobar. Melainkan, diperbolehkan asalkan tidak ada unsur komersialisasi dan harus mendaftar terlebih dahulu di MNC Group.

"Di sini kami ingin meluruskan bahwa setiap penyelenggara yang ingin melakukan kegiatan nonton bareng sebaiknya melakukan pendaftaran ke MNC Group," kata Syafril, dalam konferensi pers di media center Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kemenpora, Minggu (28/4).

Larangan ini dikeluarkan, karena MNC Group menemukan adanya pihak-pihak yang menyalahgunakan hak siar Piala Asia U23 2024 dalam bentuk penyelenggaraan nobar dengan memungut biaya.

Kemenpora pun merespons isu pelarangan nonton bareng pertandingan semi final Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan. Sesmenpora Gunawan Suswantoro mengatakan, pihaknya tidak melarang penyelenggaraan kegiatan nonton bareng untuk mendukung timnas Indonesia di ajang Piala Asia U-23.

"Kemenpora mendukung segala inisiasi nobar yang dilakukan oleh sejumlah pemerintah daerah untuk mengakomodasi keinginan dan semangat masyarakat Indonesia dalam mendukung tim Garuda, sepanjang hal tersebut tidak dikomersilkan," ujar Gunawan.

Bahkan, Kemenpora sendiri juga mengadakan kegiatan nonton bareng semi final Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan. Kegiatan ini, rencananya akan diadakan di Auditorium Wisma Kemenpora. Gunawan juga mengungkapkan, bahwa pihaknya bersama Kemendagri juga mengajak pemerintah daerah untuk ikut menggelar nobar.

Aturan Penyelenggaraan Kegiatan Nonton Bareng Turnamen Olahraga

Penyelenggaraan kegiatan nobar pertandingan sepak bola sejak lama telah dilakukan, terutama untuk turnamen-turnamen besar, seperti Piala Dunia, Piala Eropa, dan Piala Asia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...