Pemerintah Kaji Rekomendasi Blokir Gim Berunsur Kekerasan

Image title
1 Mei 2024, 16:00
gim
Pexels.com
Ilustrasi, gim daring.
Button AI Summarize

Pemerintah merespons seruan di publik terkait pemblokiran game online atau gim daring yang mengandung kekerasan dan pornografi, yang dinilai berdampak buruk terhadap anak.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Ketua Pelaksana Harian Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah tengah mengkaji rekomendasi pemblokiran gim daring yang mengandung unsur kekerasan.

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah cross check dan review. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku pihak yang memiliki kewenangan.

"Jika hasil peninjauan gim daring terdapat hal yang membahayakan bagi anak-anak, maka kementerian/lembaga dengan tegas akan memberikan tindakan," kata Sandiaga, dilansir dari Antara, Rabu (1/5).

Terhadap langkah ini, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia atau LPAI) mendukung penuh wacana pemblokiran game online yang mengandung unsur kekerasan. Ini karena kekhawatiran efek kekerasan terhadap anak-anak yang mengakses gim daring tersebut.

Ketua LPAI Seto Mulyadi mengatakan, sedari awal pihaknya telah menaruh perhatian serius terkait isu gim daring yang mengandung unsur kekerasan. Sehingga, LPAI meminta agar pemerintah segera mengambil sikap.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...