Muhaimin Bicara Rencana PKB di Pilkada Jatim, Singgung Nama Khofifah

Amelia Yesidora
2 Mei 2024, 11:23
muhaimin, khofifah, pkb, jawa timur
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar bersiap memberikan keterangan pers saat Taaruf Politik Calon Kepala Daerah di Jakarta, Rabu (1/5/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengaku belum punya kandidat yang bakal diusung di Pilkada Jawa Timur 2024. Partainya masih akan melakukan penjaringan awal untuk menyeleksi kandidat yang bakal diusung.

“Masih proses. Nanti tanggal 4 Mei dimulai penjaringan awal,” kata politisi yang akrab disapa Cak Imin di Hotel Mercure Batavia, Jakarta Barat, Rabu (1/5).

Salah satu nama yang digadang-gadang maju ke Pilkada Jatim adalah eks Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Wakil Ketua DPR ini menyampaikan Khofifah masih belum menunjukkan dirinya ke partai berlogo bola dunia ini.

“Belum, belum daftar. Kami buka sampai menit terakhir, siapa pun boleh (daftar),” kata dia di kediaman Anies Baswedan, Jakarta, Selasa (30/4).

Peresmian asrama SMAN 5 Taruna Brawijaya
Peresmian asrama SMAN 5 Taruna Brawijaya (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/YU)

 

Ia menyebut masih membuka komunikasi dengan Khofifah Indar Parawansa kendati hubungannya sempat renggang. Semua kelompok dan golongan dipersilakan untuk mendaftar ke partainya, bila berpeluang dan berpotensi maju memimpin daerah.

“Khusus Jawa Timur, akan ada kejutan-kejutan tetapi masih dimatangkan,” kata politisi yang akrab disapa Cak Imin.

Hingga kini Cak Imin menghitung sudah ada total 300-an orang kandidat calon kepala daerah di seluruh Indonesia yang mendaftar diri ke PKB.  Partai akan melaksanakan fit and proper test untuk menyaring kandidat.

"Sebagian per zona dan Jakarta, Jawa Barat, Banten akan dilaksanakan pada 1 Mei nanti," kata dia.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...